Topologi Jaringan Mesh dan Tree

Topologi jaringan adalah  konsep untuk menghubungkan banyak computer sekaligus untuk terhubung ke jaringan, Topologi jaringan ada berbagai macam, yaitu Ring, Bus, Star, Mesh, dan Tree .Pada artikel ini akan dibahas tentang topologi Mesh dan Tree. Berikut penjelasannya:

  • Topologi Mesh

Bentuk topologi mesh seperti bintang, dimana setiap computer saling terhubung dengan koputer lainnya. Hampir sama dengan topologi star, computer di topologi star dihubungkan dengan hub atau switch. Tetapi topologi star dihubungkan dengan kabel. Ini menjadi kelemahan pada topologi star dimana akan banyak kabel dan menyebabkan banyak biaya yang keluar. Kelebihannya adalah pengirimannya lebih cepat karena langsung ke computer yang dituju.

  • Topologi Tree

Topologi jenis ini merupakan gabungan dari topologi star dan topologi bus. Topologi jenis ini mempunyai beberapa tingkatan. Jaringan, dimana jaringan yang lebih tinggi bertugas untuk mengontrol jaringan yang lebih rendah. Jaringan ini lebih stabil dibandingkan jaringan lainnya. Kelebihan topologi tree mudah menemukan kesalah dan gangguan yang ada. Kerkurangannya adalah sulit proses instalasinya, banyak kabel dan biaya yang mahal.

Topologi Tree sering digunakan untuk perkantoran, karena sangat stabil. Sekarang untuk membuat jaringan sudah jarang menggunakan kabel. Ada jenis jaringan bernama wireless yaitu jaringan tanpa menggunakan kabel. Wirelees biasa digunakan diruamah. Banyak orang yang sudah langganan internet rumah, dan harga pasang internet di rumah sudah sangat beragam. Jika anda sedang mencari informasi tentang pemasangan internet di rumah anda bisa mengunjungi website GIG Oredo. GIG menyediaka berbagai macam paket internet yaitu GIG 15, GIG 30, GIG 50, dan GIG 100 yang membedakan hanyalah kecepatan dan device yang bisa terhubung. GIG sudah menggunakan kabel fiber optic untuk jaringannya. Seperti yang sudah kita ketahui fiber optic adalah jenis kabel dengan teknologi terbaru dimana jaringannya lebih stabil dan lebih cepat untuk pengiriman dan penerimaan data. Jika anda tertark anda bisa menghubungi call center GIG di 021 3000 8888 atau email di cs@gig.id .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *