Tips untuk Investasi Pemula

Jika Anda berencana untuk melakukan investasi, maka Anda perlu mengetahui tips untuk Investasi Pemula. Melakukan sebuah investasi merupakan hal yang selalu di takuti oleh kebanyakan masyarakat. Apalagi kebanyakan orang selalu mengingat investasi dengan kerugian besar. Maka hapus terlebih dahulu pikiran ini dari Anda. berpikir optimislah terlebih dahulu karena melakukan investasi bukanlah hal yang sulit.

Bagi Anda yang ingin melakukan investasi untuk Investasi Pemula. Anda perlu melakukan beberapa langkah dengan jeli agar tidak mengalami kesalahan. Namun Anda tak perlu takut, investasi yang Anda lakukan akan tetap memberikan keuntungan selama Anda selektif dalam memilih. Bagi Anda yang berniat melakukan investasi, Anda bisa memulainya dengan melakukan investasi pada saham, surat hutang atau obligasi, dan juga reksadana. Ketiganya merupakan produk investasi yang aman untuk dilakukan oleh pemula.

Produk produk yang akan Anda pilih sebagai investasi perlu Anda pilih dengan selektif. Agar Anda sebagai orang yang akan melakukan Investasi Pemula tidak terjebak pada investasi gorengan, yaitu investasi yang dipermainkan dengan fluktuatif karena perusahaan pemiliknya hanyalah fiktif. Ya, untuk menghindari hal seperti ini maka Anda akan memerlukan langkah langkah yang tepat. Berikut ini beberapa tips untuk Anda, Investor pemula:

1. Cari Tahu Identitas Perusahaan
Mencari tahu identitas perusahaan adalah hal yang wajib bagi Anda. Anda jangan hanya terpaku pada nama perusahaan yang terdengar familiar atau bahkan hanya melihat pada tinggi rendahnya harga surat berharga. Karena hal tersebut akan sangat riskan bila Anda belum mengetahui identitas perusahaan. Oleh karena itu cobalah untuk melihat seluk beluk perusahaan. Selain itu cobalah untuk melihat fluktuasi laba perusahaan. Fluktuasi yang terus naik positif itulah yang bagus meskipun belum tentu menunjukkan kualitas surat berharga yang bagus. Akan tetapi itu jauh lebih baik. Bahkan untuk investor yang telah lama berinvestasi tidak hanya akan melihat pada sisi fluktuasi laba nya saja akan tetapi juga dari manajemen keuangan, kesehatan perusahaan dan lain lain.

2. Lakukan Screening
Bagi Anda yang hendak melakukan investasi maka tak ada salahnya Anda melakukan step atau langkah lebih detail lagi yaitu denga melakukan screening. Langkah ini tentunya akan memberikan keuntungan bagi Anda dalam memilih surat berharga. Seperti yang telah di ketahui bahwa surat berharga terutama saham terbagi menjadi 4 golongan, yaitu saham unggulan, saham pas-pasan atau biasa saja, saham tidak konsisten, dan saham jelek. Bagi Anda yang akan melakukan investasi tidak perlu terlalu banyak memperhatikan jenis saham yang tidak konsisten dan saham yang jelek. Saham yang tidak konsisten adalah saha, yang memiliki fluktuasi naik turun yang sangat tidak menentu. Sedangkan shaam jelek adalah saham yang selalu saja menurun labanya. Dalam langkah screening ini, Anda perlu melihat berbagai hal seperti presentase penjualannya, laba bersih dan juga laba operasinya. Bila setiap tahun positif maka itulah yang perlu Anda prospek. Setelah itu lakukan screening pada balance sheet yaitu dari asset dan modalnya. Jika tiap tahun mengalami kenaikan, tentu ini menjadi perusahaan yang menjanjikan. Namun jika tidak mengalami kenaikan maka cobalah untuk melihat presentasi pembagian deviden. Jika tiap tahun tidak mengalami peningkatan maka Anda tidak perlu mempertimbangkannya. Dan yang terakhir screening aza CF dimana perusahaan yang baik akan mengalami CF yang terus positif meskipun perusahaan sedang lesu.

3. Lakukan Analisis
Analisis ini perlu Anda lakukan pada laporan keuangannya seperti menganalisis ROA, ROE, Quick Ratio, Profit Margin, dan lain lain

Itulah beberapa tips untuk Investasi Pemula. Semoga dapat memberikan inspirasi bagi Anda. Selamat berinvestasi, Investor Pemula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *