Tips Mengatur Perencanaan Keuangan Keluarga

Keluarga yang bahagia, tentu adalah salah satu hal yang menjadi tolak ukur keberhasilan sebuah rumah tangga. Pasalnya banyak sekali orang yang mengalami kesuksesan, namun ternyata memiliki tingkat stress yang tinggi. Bukan hanya kepala keluarga saja, namun bagi istri dan anak pun tentu mendapatkan hal yang serupa. Hal tersebut dikarenakan, rasa stress seorang kepala keluarga, tentu akan membawa dampak buruk bagi anggota keluarga lainnya.

Hal tersebut menyiratkan, bahwa kebahagian bukan dapat diukur dari seberapa berhasilnya seseorang. Kendati demikian, bukan juga menjadi sederhana memiliki tingkat kebahagiaan yang baik. Pasalnya dengan berbagai kebutuhan untuk biaya keluarga dan anak dari mulai pendidikan, sandang dan pangan, refreshing, air, listrik, dan masih banyak lainnya. Tentu kita harus bisa memberikan segala sesuatu tersebut agar dapat terpenuhi.

Berbicara soal kebutuhan hidup, tentu kita sadari semakin besar dan semakin tinggi gaya hidup seseorang akan menjadikan kita lebih berusaha untuk melakukan perencanaan keuangan keluarga lebih efektif dan efisien. Berapapun penghasilan yang dimiliki, tentu bisa kita cukupkan agar dapat bertahan hidup dan menghindari berbagai tekanan.

Pentingnya perencanaan keuangan keluarga muda tentu harus disusun bersama keluarga, agar bisa mencukupi berbagai kebutuhan jasmani dan rohani. Nah oleh karena itu, berikut beberapa tips untuk mengatur kebutuhan Anda:

  1. Kebutuhan Tempat TInggal

Dalam mengatur kebutuhan tempat tinggal, tentu kita harus melakukan perhitungan secara rinci. Pasalnya hal tersebut adalah salah satu pondasi sebuah keluarga. Anda harus melakukan perhitungan pengeluaran setiap bulan untuk menutupi kebutuhan tersebut. Misalnya seperti biaya kontrakan, ataupun biaya kredit rumah. Selain itu juga, tentu Anda harus memasukan perhitungan lainnya seperti listrik dan air.

  1. Kebutuhan Pokok

Untuk melakukan perhitungan kebutuhan pokok seperti makan, tentu kita bisa membuat beberapa perhitungan minimal dan maksimal pengeluaran. Upayakan agar selalu makan di rumah, sehingga meminimalisir pengeluaran yang membengkak. Jika Anda tidak memiliki kebutuhan lain, Anda bisa mencoba dengan membeli kebutuhan selama 1 bulan ketika mendapatkan gaji.

  1. Kebutuhan Pendidikan

Jika Anda memiliki seorang anak, tentu pengeluaran yang 1 ini menjadi salah satu tanggung jawab Anda sebagai orang tua. Meskipun saat ini banyak sekali sekolah yang gratis, dan juga murah. Namun tentu Anda harus memperhatikan berbagai kebutuhan lainnya seperti biaya buku dan uang jajan Anak. Buatlah perkiraan biaya perbulan untuk keperluan tersebut, sehingga Anda bisa menyimpan dengan baik untuk masa depan anak.

  1. Kebutuhan Hiburan

Setiap orang tentu membutuhkan waktu yang berkualitas untuk melakukan istirahat yang menyenangkan. Hal tersebut tentu bisa Anda dapatkan dengan mempertimbangkan berbagai pengeluaran, serta pemasukan Anda.

  1. Menabung

Setelah 4 kebutuhan tersebut terpenuhi dan ternyata masih memiliki sisa dari gaji, sebaiknya Anda mencoba untuk menabung. Hal tersebut untuk membuat perencanaan masa depan, dan juga untuk berbagai hal yang tidak terduga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *