Tips Memilih Apartemen di Bandung

Pembangunan hunian vertikal yaitu rumah susun dan apartemen mengalami peningkatan signifikan. Tiga hingga empat tahun belakangan pembangunan apartemen tidak hanya di Jakarta tetapi juga di kota-kota besar penyangga di sekitarnya, Bandung salah satu contohnya. Dalam perkembangannya apartemen yang dibangun dalam konsep superblok lebih diminati daripada yang berdiri sendiri. Superblok adalah kompleks apartemen yang terdiri dari beberapa blok dan memiliki fasilitas umum cukup lengkap. Satu superblok bisa terdiri dari ribuan unit apartemen dan dilengkapi basement beserta tower.

Lokasi apartemen merupakan faktor pertimbangan utama untuk menentukan pilihan. Tinggal di Bandung karena bekerja, melancong atau kuliah? Atau ingin kuliah sekaligus menikmati Bandung sebagai kota wisata? Maka pilih apartemen yang terdekat dengan tujuan utama tersebut. Point of interest menjadi perhatian terpenting bagi sebuah apartemen. Ada apartemen di Bandung yang menawarkan kemudahan akses ke berbagai rumah sakit besar, dekat dengan sekolah dan perguruan tinggi seperti ITB, Universitas Padjajaran, STIA, STIKOM, STT Telkom atau kampus-kampus lain serta akses yang mudah menuju tempat-tempat wisata seperti Museum Geologi, Gasibu, Dago, Pasteur dan pusat Factory Outlet.

Pertimbangan luas apartemen merupakan faktor yang berpengaruh dalam memilih apartemen. Apartemen superblok semestinya diimbangi dengan fasilitas umum yang lengkap seperti lahan parkir yang memadai, unit lift yang memadai, tempat ibadah seperti masjid bagi umat Islam atau taman kecil. Jika superblok tidak dilengkapi fasilitas umum yang memadai maka akan menyulitkan penghuninya. Keinginan untuk lebih nyaman tinggal di apartemen hanya tinggal impian.

Jika menginginkan membeli apartemen di Bandung pastikan tentang keabsahan Status Kepemilikan Strata Tittle. Berhati-hati sebelum menentukan pilihan lebih baik daripada dikecewakan kemudian. Jika tak waspada membeli apartemen bermasalah secara hukum dapat menimbulkan kerugian seperti halnya membeli rumah dari developer yang terlibat sengketa lahan.

Ketika membaca iklan, penawaran, pamflet, brosur tentang apartemen lebih baik periksa kembali unit apartemen tersebut langsung di lokasi. Menanyakan legalitas bangunan merupakan langkah bijaksana dan dimaklumi oleh pengembang apartemen dan marketing agen property.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *