Tips Membersihkan Sepatu Dengan Benar

Mungkin jika baju atau celaa sering kita cuci karena dapat dengan mudah dicuci dengan mesin cuci. Namun jika sepatu pastilah barang yang sering kita lupakan untuk dicuci. Padahal sepatu adidas juga perlu untuk dicuci karena digunakan setiap hari dan anda tak ingin sepatu anda terlihat kotor jika anda ingin berangkat ke kantor. Namun anda jangan sekali-kali mencuci sepatu anda di mesin cuci karena akan merusak sepatu anda. Dan tak semuas sepatu juga bisa dicuci dengan air atau sabun. Ada beberapa bahan sepatu yang akan rusak jika terkena air. Maka dari itu anda harus tau jika berbeda bahan sepatu maka berbeda pula cara membersihkannya. Berikut beberapa tips yang bisa anda terapkan dalam membersihkan sepatu dengan benar.

  1. Sepatu Lari

Sepatu lari seperti sepatu adidas misalnya biasanya terbuat dari bahan yang bisa dicuci dengan air karena biasanya bahanya kuat dan lemnya pun menggunakn lem yang kuat. Maka dari itu tak heran jika sepatu lari biasanya dijual dengan harga yang mahal. Seperti toko belanja online yang jual sepatu adidas misalnya pasti akan memasang harga yang sesuai dengan spesifikasi yang mumpuni. Untuk itu untuk membersihkan sepatu lari anda bisa menggunakan air karena biasanya sepatu lari diguanakan untuk berlari dengan medan yang berbeda seperti tanah, atau rerumputan. Untuk itu sepatu lari biasanya akan cepat kotor. Anda bisa siram dulu sepatu lari anda dengan melepaskan alasnya dulu dengan dicuci terpisah. Anda bisa menggunakan sabun lalau menyikatnya dengan sikat yang bulu halus. Jangan terlalu menggunakan sikat dengan bulu yang keras.

  1. Sepatu pesta

Sepatu pesta biasanya terbuat dari bahan yang berbeda dari sepatu lari. Biasanya sepatu pesta untuk pria terbuat dari bahan kulit. Jika sepatu yang terbuat dari bahan kulit tidak boleh dicuci dengan air atau pun sabun. Jika ada noda dan kotoran pada sepatu kulit maka ada baiknya hanya dilap saja dengan tisu atau dilap dengan kain yang bersih. Kemudian anda bisa menyemirnya kembali dengan sesuai warna yang ada. Kemudian sepatu pesta untuk wanita biasanya terbuat dari kulit juga atau dari permata yang berkilauan atau bling-bling. Sama halnya dengan sepatu kulit, cukup hanya dilap saja jika ingin dibersihkan namun tak perlu disemir lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *