Tips Berlatih Pilates di Rumah

Anda lihat betapa kerennya bentuk tubuh Raisa, Andien, dan Luna Maya? Mereka tidak mendapatkannya begitu saja. Tiga selebriti tadi menjaga bentuk dan postur tubuhnya dengan melakukan pilates secara rutin.

Olah raga yang dikembangkan oleh Joseph Pilates ini memang terbukti dapat membentuk tubuh perempuan secara proporsional tanpa membuatnya menjadi berotot seperti binaragawan. Pilates memang populer sebagai olah raga yang efektif membangun kekuatan inti (core strength) yang berpusat di bagian tengah tubuh.

Selain itu, latihan ini juga memberi efek positif jangka panjang seperti mencegah sakit punggung, kelainan tulang belakang seperti skoliosis, memperbaiki postur tubuh, meningkatkan stamina dan energi, serta meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas. Bahkan tinggi badan bisa bertambah hingga 2 cm setelah rutin berlatih pilates.

Berikut ini adalah sesi latihan pilates. Siapa tahu Anda tertarik untuk mencobanya di rumah. Namun, untuk pemula, sebaiknya latihan dipandu oleh instruktur untuk menghindari cedera.

Baca juga : Ikut Lomba Lari Itu Menyenangkan, Ketahui Dulu Aturan Mainnya

Pemanasan

Pemanasan dalam pilates biasanya menggunakan gerakan-gerakan yoga. Hampir semua gerakan pemanasan berupa peregangan otot untuk mempersiapkan tubuh memasuki latihan inti pilates. Setiap gerakan pemanasan dilakukan sebanyak satu set yang terdiri atas delapan hitungan.

Latihan inti

Melakukan sikap kayang dengan bertumpu di atas bola keseimbangan ini bermanfaat untuk menarik tulang belakang sehingga punggung menjadi lebih lurus. Latihan ini akan sangat berguna untuk memperbaiki postur tubuh. Lakukan sebanyak 3 set.

Mengangkat bola keseimbangan menggunakan kaki, lalu memutarnya ke kanan dan ke kiri merupakan gerakan untuk melatih otot perut serta paha. Pada posisi ini kita juga dapat melakukan gerakan ball pass, yaitu berbaring sambil memegang bola di atas dada, kaki naik ke arah atap. Sambil mengembuskan napas, gerakkan lengan dan kaki sehingga saling menjauh satu sama lain. Tarik napas lalu dekatkan lengan dan kaki kembali seperti posisi awal sambil mengoper bola dari tangan ke kaki. Lakukan sebanyak 3 set.

Masih dalam posisi telentang dengan letak bola di atas kepala. Raih bola menggunakan kedua tangan, lalu tarik tubuh bagian bawah ke atas bola. Tahan posisi itu selama 3 set hitungan. Latihan ini baik untuk memperkuat otot perut.

Baca juga : Rutin Melakukan Olah Raga Body Tech 5 Keuntungan Ini Bisa

Baringkan badan lalu angkat kaki ke atas bola keseimbangan. Angkat bagian tengah badan hingga membentuk sudut 45 derajat dengan lantai. Angkat kaki kanan/kiri secara bergantian, dan mulai lakukan gerakan naik turun. Lakukan sebanyak 3 set dengan pumping 10 hitungan. Gerakan ini sangat baik untuk melatih otot perut.

Selain gerakan-gerakan di atas, latihan yang lazim dilakukan menggunakan bola keseimbangan adalah push up dengan posisi kaki bertumpu pada bola keseimbangan. Lakukan juga sit up dengan posisi panggul bertumpu pada bola keseimbangan.

Pendinginan (“cooling down”)

Gerakan crocodile, down dock, dan cobra biasanya menjadi gerakan andalan untuk cooling down. Setelah itu, ditambahkan beberapa gerakan lain seperti swan dive untuk menyempurnakan sesi pendinginan. Selamat mencoba!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *