Tips Aman Menginap di Hotel untuk Traveler Wanita

Kalau Anda termasuk tipe perempuan traveler yang hobi jalan-jalan dan melancong ke berbagai tempat, pasti sudah terbiasa menginap di berbagai hotel, dan menghadapi pengalaman bermalam yang kadang-kadang sukses, menyenangkan, berkesan, tapi ada pula yang mengecewakan.

Hotel yang nyaman, bersih, strategis, dan berfasilitas lengkap, sudah tentu menjadi pilihan favorit. Namun, kalau Anda masih asing terhadap hotel yang Anda pilih, lebih-lebih daerahnya, Anda perlu ekstra mawas menjaga keamanan dan keselamatan diri Anda. Nah, beberapa tips ini bisa menjadi panduan berguna supaya Anda bisa lebih tenang saat menginap di hotel.

1.       Pilih Akomodasi yang Jelas

Salah satu cara untuk menghindarkan Anda dari masalah keamanan di hotel adalah memesan kamar hotel yang sudah Anda kenal reputasinya, atau paling tidak Anda sudah mengetahui kondisi daerahnya, dan bukan daerah yang betul-betul masih asing. Misalnya pada saat memesan voucher hotel melalui pemesanan online terperaya, lebih baik Anda membayar biaya hotel lebih mahal di lokasi yang Anda familiar, ketimbang memilih hotel yang lebih murah tapi lokasinya membuat tidak nyaman.

2.       Akses Keluar Masuk Hotel

Pastikan akses menuju kamar hotel melewati lobi yang selalu dijaga oleh petugas hotel maupun resepsionis, agar mereka ikut mengawasi orang-orang yang keluar masuk kamar hotel sekaligus akan lebih mudah mengenali wajahnya. Area lobi hotel yang sempit justru membuat tamu wanita merasa lebih aman sebab orang asing akan lebih enggan untuk menyusup masuk.

 

Hindari menginap di hostel atau motel yang akses masuknya terbuka lebar dari luar tanpa adanya pengawasan profesional. Beberapa hotel malah menawarkan kartu akses khusus bagi tamu yang menginap sehingga keamanan lebih terjaga.

3.       Jaga Informasi Data Diri Anda

Ketika melakukan check in kamar hotel, mintalah pada petugas hotel untuk menuliskan nomor kamar yang Anda dapat dari pada mengumumkannya secara lisan, demi menjaga kerahasiaannya. Lalu, buat salinan semua dokumen penting yang Anda bawa bersama perjalanan Anda. Agar kalau hilang atau terjadi sesuatu yang tak diinginkan, Anda pun akan sangat tertolong dengan memiliki salinannya.

4.       Jangan Sembarang Buka Pintu Kamar

Jika ada yang mengetuk kamar Anda, jangan langsung membuka pintunya. Meski pun mengaku dari room service atau petugas kebersihan kamar hotel, lebih-lebih tanpa penunjuk identitas, sebaiknya tidak Anda buka sebelum menelepon instansi bagian terkait atau restoran yang mengirim makanan ke kamar, untuk memastikannya.

5.       Waspada Pada Orang Asing

Jangan pernah juga memberi tahu nomor kamar hotel Anda kepada orang asing, walaupun orang tersebut terlihat ramah dan ringan tangan, akan lebih baik jika orang lain yang terutama pria, menganggap Anda tidak sendirian berada di hotel alias bersama seorang teman atau keluarga.

6.      Minta Supir Taksi Menunggu Hingga Anda Masuk Hotel

Berikan tips kepada supir taksi yang mengantar Anda pulang ke hotel saat sudah larut malam dan sepi, dengan meminta Ia menunggu Anda sampai betul-betul masuk ke pintu hotel. Jarak antara tempat menurunkan tamu dari kendaraan hingga ke pintu masuk hotel bisa saja cukup jauh, dan apa saja bisa terjadi dalam hitungan detik. Setidaknya, ada orang lain yaitu supir taksi yang bisa ikut mengawasi Anda sampai masuk ke hotel.

7.       Minta Petugas Hotel Mengawal Anda

Seandainya Anda membawa mobil sendirian dan harus memarkir kendaraan di area parkir yang kurang nyaman, sementara sudah larut malam, maka mintalah petugas hotel mengawal Anda.

Ketika sampai area hotel, berhentilah di depan lobi hotel dan mintalah seorang petugas untuk menghampiri Anda di tempat parkir mobil. Setelah itu baru Anda jalankan mobil ke tempat parkiran, dan tunggu sampai petugas datang untuk mengawal Anda masuk hotel.

8.       Sembunyikan Kekuatiran Anda

Bersikaplah tenang dan percaya diri dalam setiap saat. Jangan tunjukan kekuatiran di wajah Anda, apalagi sampai meminta pengamanan ekstra dari hotel, yang lantas diketahui orang-orang di sekitar Anda. Hal ini justru akan memperjelas peluang diri Anda untuk menjadi incaran orang yang punya niat tidak baik. Cukup gunakan insting Anda, jika merasa tidak nyaman atau ada sesuatu yang mencurigakan, Anda bisa langsung menghubungi pihak hotel.

Anda tentu tidak mau kan mengalami kejadian yang tak diinginkan seperti pada film-film action, di mana seorang wanita menjadi korban aksi kejahatan ketika sedang traveling dan berada di hotel sendirian. Kalau Anda pintar membawa diri dan menjaga keselamatan diri Anda sendiri, Anda bebas pergi kemana saja tanpa perlu kuatir. Ada banyak promo tiket pesawat murah selain promo voucher hotel, untuk meringankan biaya akomodasi dan mendapatkan harga tiket pesawat promo.

 

Waspada selalu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *