Temu Manten Adat Surabaya

Pernikahan adalah acara yang harus berjalan dengan sempurna karena terjadi sekali seumur hidup. Pernikahan bisa dilangsungkan tanpa menggunakan acara adat atau menggunakan rangkaian acara adat . Salah satu prosesi adat pernikahan Surabaya adalah Temu Manten.

Temu manten adalah acara puncak dalam rangkaian pernikahan. Pada acara temu manten adat Surabaya dilakukan iring-iringan dimana pengantin pria diarak bersama keluarga menuju rumah perempuan. Iring-iringan pengantin pria terdiri dari :

  1. Pemain terbang

Ada pada barisan terdepan, selama perjalanan iring-iringan permain terbang akan menggemakan sholawat nabi.

  1. Pembawa Bungga Manggar

Bunga manggar adalah hiasan kertas warna-warni, saat iring-iringan bunga-bunga itu akan diperebutkan oleh penonton . Tetapi merebut bunga ini sudah jarang dilakukan karena alas an keamanan dan ketertiban.

  1. Pembawa Jago

Makna dalam pembawa jago ini adalah keluarga pengantin pria menyerahkan putranya ke pihak pengantin wanita. Jago adalah iring-iringan yang berisi mas kawin untuk pengantin perempuan.

  1. Pembawa Payung Kebesaran

Selama iring-iringan pembawa payung akan memutar-mutarkan payung besarnya.

  1. Pembawa Jodang

Iring-iringan jodang berisi perlengkapan dapur serperti kendil, gayung, dan panic. Disertai juga dengan bumbu-bumbu dapur dan pisang raja.

Setelah sampai di rumah pengantin wanita, iringan pengantin pria menyerahkan ayam jago yang nantinya akan diperebutkan oleh kedua pihak. Jika pengantin wanita berhasil merebut ayam tersebut makan pihak wanita telah menerima pengantin pria.

Kemudian kedua mempelai dipertemukan dengan dukun pengantin dan mempelai pria menyerahkan Sri Genggem sejenis dengan tempat perhiasan dan mahar. Ini merupakan symbol terimakasih atau memberikan nafkah pertama kali untuk istri.

Setelah menyerahkan mahar dilakukan upacara cium tangan dimana mempelai wanita mencium tangan mempelai pria, lalu keduanya mencium tangan orang tua dari kedua belah pihak. Lalu mereka dipandu oleh dukun manten untuk duduk di pelaminan dan diajak berkeliling untuk diperkenalkan kepada para tamu undangan.

Itulah acaraa temu manten Surabaya dimana semua harus dipersiapkan secara matang, penyediaan genset juga sangat penting untuk cadangan apabila terjadi pemadaman listrik. Segera cek website sewatama untuk sewa genset Surabaya dan service genset.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *