Sulit Mendapatkan Kredit HP? 5 Alasan Ini Mungkin Jadi Penyebabnya

Ingin mengajukan kredit hp tapi selalu berujung dengan penolakan? Bisa jadi kamu memang belum memenuhi beberapa persyaratan yang diminta.

Lembaga pembiayaan online saat ini memang sedang marak dan menjadi sesuatu yang lumrah. Namun, bukan berarti semua bisa mendapatkan persetujuan dengan mudah. Ada analisa yang dilakukan untuk mengetahui profil pengguna.

Jika memenuhi syarat, maka proses persetujuan pun akan diberikan sebaliknya jika belum memenuhi syarat makan sampai kapan pun akan tetap ditolak sampai syarat-syarat pokok yang diminta terpenuhi.

Usia belum mencukupi

Salah satu faktor yang menyebabkan kredit hp kamu ditolak ada usia yang belum mencukupi. Misalnya kamu mau mengajukan kredit hp melalui Kredivo, Salah satu prasyarat untuk mengajukan cicilan hp lewat Kredivo misalnya harus berusia antara 18 tahun sampai dengan 60 tahun saat mengajukan pendaftaran akun.

Kita tidak pernah tahu siapa yang melakukan pendaftaran melalui aplikasi. Remaja sekalipun bisa aja mengunduh aplikasi Kredivo di Google Play Store atau pun App Store dengan mudah. Tapi, jika belum memenuhi syarat umur tetap saja akan mendapatkan penolakan.

Itulah sebabnya dalam proses pendaftaran diperlukan beberapa data diri seperti KTP, STNK, akun digital peribadi, akun Facebook sampai dengan akun internet banking sebagai salah satu bukti konfirmasi dan verifikasi data pengguna.

Belum memiliki pendapatan bulanan yang tetap

Sudah cukup umur tapi belum memiliki pendapatan tetap pun jadi masalah yang akan menghambat. Perusahaan pembiayaan jelas membutuhkan jaminan bukan sekadar modal kepercayaan saja seperti layaknya jasa kredit yang berkeliling kampung.

Sebetulnya tidak harus berasal dari pekerjaan tetap melainkan dari pendapatan tetap bulanan yang bisa dibuktikan dengan catatan rekening bank atau rekening koran. Dari situlah pendapatan kamu bisa diukur dan ditakar sesuai dengan kemampuannya.

Histori ini juga menjadi salah satu catatan dan landasan bagi lembaga pembiayaan untuk mengeluarkan kredit limit bagi penggunanya. Semakin baik kemampuan finansialnya maka kredit limit yang diberikannya pun semakin besar.

Ini sebagai bukti kepercayaan dan hitungan matematis bahwa pengguna yang memiliki kemampuan finansial cukup baik memang layak mendapatkan kredit limit yang besar.

Kredivo termasuk salah satu lembaga pembiayaan yang memberikan kredit limit sampai dengan Rp 30 juta bagi penggunanya yang memang layak untuk mendapatkannya.

Belum pernah melakukan transaksi secara online

Kredivo berbasis online dan pembelanjaannya pun hingga saat ini masih didominasi dengan pengguna yang belanja online. Itulah sebabnya jika berniat mengajukan kredit hp kepada salah satu lembaga pembiayaan online seperti Kredivo, setidaknya kamu sudah pernah melakukan transaksi di marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, JD.id, Blibli dan sebagainya.

Histori pembelian itulah yang juga menjadi pertimbangan apakah kamu memang layak mendapatkan persetujuan atau tidak ketika mengajukan permohonan kartu kredit online dari Kredivo.

Memiliki utang di perusahaan pembiayaan lainnya

Ini yang juga penting dan tidak bisa diabaikan. Bagi lembaga pembiayaan yang kredibel, terdaftar, dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan pasti akan melakukan BI Checking terhadap pengguna. Jika ada riwayat tunggakan yang masih belum diselesaikan kemungkinan untuk mendapatkan persetujuan pun semakin tipis.

Itulah sebabnya, jika ingin mendapatkan utang baru, sebaiknya selesaikan dulu utang lama dengan melunasinya. Salah satu riwayat pembayaran utang yang baik juga menjadi catatan baik bagi calon pengguna.

Persyaratan kurang atau tidak terpenuhi dengan baik

Ketika mengajukan kredit hp melalui Kredivo pastikan untuk memenuhi semua persyaratan dengan lengkap. Dokumen-dokumen tersebut tidak perlu digandakan kok. Cukup difoto saja dengan jelas kemudian bisa disubmit melalui aplikasi resmi Kredivo.

Dokumen-dokumen yang perlu disiapkan seperti KTP, STNK, Kartu Keluarga, Slip Gaji, Bukti Potong Pajak, Rekening Koran tergantung cicilan yang dipilih.

Atau jika kamu tak mau repot, kamu juga bisa mendaftar Cicilan express, di mana kamu cukup memfoto KTP, menyambungkan akun e-commerce yang pernah digunakan berbelanja, dan akun internet banking.

Kredivo bisa menjadi solusi kredit instan bagi siapapun asalkan bisa memenuhi semua persyaratan yang diminta. Keuntungannya, bunga Kredivo hanya 2,95% per bulan yang dapat dicicil mulai dari 3, 6 dan 12 bulan. Kamu juga bisa memilih opsi bayar dalam waktu 30 hari tanpa bunga sama sekali.

Selain digunakan untuk memenuhi kebutuhan barang elektronik, Kredivo juga bisa digunakan untuk membayar beberapa tagihan bulanan seperti pembayaran tagihan listrik, pembelian token PLN, pembelian pulsa sampai dengan membayar tagihan air dan BPJS. Semua kemudahan tersebut bisa sekaligus dibayar dalam satu keranjang tanpa harus repot melakukan transfer ke nomor-nomor yang berbeda.

Belum lagi dengan layanan terbaru dari Kredivo berupa pinjaman tunai bagi pengguna akun cicilan. Layanan ini dikenal dengan Pinjaman Mini mulai dari Rp 500 ribu dengan tenor 30 hari atau Pinjaman Jumbo mulai dari Rp 1 juta dengan tenor 3 dan 6 bulan. Bunganya hampir serupa 2,95% ditambah dengan biaya administrasi di muka sebesar 6%.

Dengan layanan terbaru dan layanan lain dari Kredivo akan semakin memudahkan kamu untuk mewujudkan impian memiliki hp terbaru.