Sosok Dibalik Kuatnya Timnas Islandia

Laga timnas Indonesia vs Islandia akan berlangsung sebentar lagi. Tiket pertandingan pun sudah dijual sejak tanggal 6 Januari 2018. Pertandingan yang akan digelar di Gelora Utama Bung Karno Jakarta itu akan menjadi pertemuan pertama kali antara kedua tim. Kekuatan timnas Islandia memang tidak boleh diremehkan, tim dari Negara berpenduduk sekitar 335 ribu jiwa itu pernah mengalahkan timnas Inggris dalam Piala Eropa tiga tahun lalu. Tahun ini, Islandia juga berhasil membuat kejutan dengan masuk dalam jajaran 32 negara yang berhasil lolos untuk mengikuti Piala Dunia 2018.

Dengan kata lain, Islandia adalah Negara terkecil yang berhasil lolos. Prestasi timnas Islandia ini tentu tidak terlepas dari sosok pelatihnya. Heimir Hallgrimsson adalah seseorang yang cukup berpengaruh dalam kemajuan timnas Islandia. Pelatih yang telah bergabung sejak tahun 2013 itu mengawali karirnya sebagai pemain IBV pada tahun 1986. Lelaki kelahiran Vestmannaeyjar, 10 Juni lima puluh tahun silam ini bermain untuk IBV selama kurang lebih enam tahun dari tahun 1986 sampai dengan 1992.

Ia kemudian melanjutkan karirnya sebagai pemain IBV hanya dalam kurun waktu satu tahun sebelum kembali lagi bergabung dengan IBV sampai dengan tahun 1996. Meskipun cukup lama bergabung dengan IBV, Heimir tidak terlalu menorehkan prestasi yang signifikan untuk membela tim kesayangannya tersebut. Ia tidak pernah berhasil memasukkan gol selama bermain untukĀ  IBV. Kemampuannya bermain di karpet hijau semakin mengalami peningkatan ketika bergabung dengan Smastund pada tahun 1996 sampai dengan 1997 dan mengakhiri karirnya sebagai pemain sepak bola setelah bergabung dengan KFS dari tahun 1998 sampai dengan 2007.

Sebelum menjadi pelatih timnas, Heimir telah direkrut sebagai asisten pelatih sejak tahun 2011 dan menjadi pelatih tunggal timnas Islandia pada tahun 2016 dimana rekan kerjanya, Lagerback menjadi pelatih timnas Norwegia. Ia menjadi seorang pelatih sejak tahun 1993 membawahi tim sepak bola wanita Hottur, lalu kemudian menjadi pelatih tim sepak bola IBV di tahun-tahun berikutnya. Uniknya, selain berprofesi sebagai pelatih sepak bola, Heimer juga seorang dokter gigi yang mengabdikan dirinya untuk kampung halamannya. Heimer sangat bangga dengan profesinya sebagai dokter gigi. Meskipun dua profesi yang dijalaninya sekarang merupakan kombinasi yang tidak umum, namun kemampuan dan prestasi Heimer dalam kedua bidang tersebut pantas untuk diacungi dua jempol.

Nama Heimer menjadi perbincangan setelah timnya berhasil menakhlukkan timnas Inggris pada Piala EURO 2014 yang dilaksanakan di Perancis dengan skor 2-1. Sejak saat itu, timnas Islandia semakin semangat dan optimis untuk menekuk lawannya di perhelatan sepak bola akbar lainnya. Tentunya pertandingan antara timnas Indonesia dengan timnas Islandia nanti bisa menjadi ajang belajar bagi tim Indonesia. Adanya pertandingan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan para pemain timnas Indonesia di karpet hijau, meskipun Indonesia masih bertengger di peringkat ke-162 FIFA pada akhir tahun 2017. Peringkat Indonesia pun juga masih berada di bawah Negara-negara tetangga seperti Thailand, Vietnam dan Myanmar. Tiket untuk menyaksikan langsung kemampuan tim garuda melawan tim Islandia pada 14 Januari nanti bisa didapat di Bukalapak yang merupakan salah satu online shop resmi yang telah ditunjuk oleh PSSI. Terapat tiga area kategori tiket yang dijual, yaitu Rp 100.000 untuk tribun utara dan selatan, Rp 175.000 untuk tribun timur dan Rp 250.000 untuk VIP Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *