Selain Sebagai Olahraga, Yoga Ampuh untuk Penyembuhan

Yoga merupakan sistem kesehatan menyeluruh (holistik) yang terbentuk dari kebudayaan India kuno tahun 3000 Sebelum Masehi. Melalui seni olah napas dan gerak ini, orang akan lebih mengenal tubuhnya, pikirannya, dan jiwanya. Yoga dikenal sebagai salah satu metode alternatif dalam menyembuhkan penyakit. Melalui gerakan-gerakan tertentu dalam yoga, penyembuhan     penyakit dilakukan. Tentu saja hal itu dapat terwujud kalau yoga dilakukan secara teratur.

Dalam yoga penyembuhan (healing yoga), latihan difokuskan pada apa yang dibutuhkan dan disesuaikan dengan kondisi fisik orang. Melalui latihan teratur, yoga membantu meregangkan dan membina otot. Manfaat lainnya adalah menguatkan tulang dan melenturkan sendi. Gerakan dalam yoga dapat menstimulasi pengeluaran hormon yang dapat menciptakan rasa nyaman pada tubuh. Melalui teknik dhirga swasam atau pernapasan umum dalam yoga, dapat meningkatkan kapasitas paru-paru sehingga dapat bernapas secara optimal. Cara tersebut juga dapat meningkatkan kontrol emosi dan memberikan sensasi rileks yang mendalam. Berlatih gerakan yoga yang disertai teknik pernapasan yoga (pranayana) dan meditasi akan memurnikan pikiran dan emosi negatif, serta meningkatkan kepercayaan diri.

Beberapa penyakit yang dapat dibantu penyembuhannya melalui latihan teratur yoga. Beberapa penyakit itu salah satunya adalah salah cerna, obesitas, asam lambung, kanker, kencing manis, batu ginjal, gangguan tekanan darah, dan gangguan pramenstruasi. Melalui gerakan yoga, fungsi tubuh diperbaiki, syaraf-syaraf menjadi aktif. Peredaran darah misalnya menjadi lancar.

Gangguan pembuluh darah dilancarkan peredaran darahnya dengan latihan yoga. Pada orang yang mengalami detak jantung cepat dilakukan penyembuhan pikirannya. Begitu orang yang mengalami kecemasan berlebih dilatih untuk membuang energi negatif.

Yoga penyembuhan difokuskan pada apa yang dibutuhkan dan disesuaikan kondisi fisik orang. Penyakit diketahui berdasarkan keluhan dan diagnosis dokter yang disampaikan pada instruktur sebelum berlatih yoga. Melalui gerakan yoga secara tidak langsung dapat diketahui penyakit yang dialami orang. Misalnya saat gerakan yang mengharuskan lutut ditekuk, tetapi terasa sakit, artinya terjadi penumpukan racun di sana. Saat yoga penyembuhan, bila masih meminum obat dokter, secara perlahan dosis obat diturunkan sampai tidak ada keluhan lagi.

Yoga sangat baik dilakukan saat perut kosong. Saat perut kosong pose yoga dapat dilakukan secara maksimal. Cara tersebut dapat lebih mengoptimalkan detoksifikasi dan mencapai apa yang diinginkan, yaitu sehat lahir dan batin. Detoksifikasi secara umum dapat dilakukan dengan meminum minuman ala yoga. Berupa satu gelas air putih ditambah perasan jeruk nipis dan garam. Bagi yang tidak memiliki masalah akut pada lambung, minuman itu dapat diminum pagi hari setelah bangun tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *