Sayang Anak? Ini Dia 5 Langkah Menggendong Bayi

Baru pertama kali punya momongan dan belajar cara menggendong bayi? Yups, menggendong bayi pasti disenangi perempuan secara lahiriah sebagai ibu paska melahirkan. Tetapi menggendong bayi bukanlah persoalan mudah bayi yang tidak terbiasa. Salah-salah malah akan membahayakan leher bayi. Apalagi kondisi tubuh bayi masih sangat rentan.

Untuk itu penting bagi ibu, yang pertama kali menggendong untuk mengetahui bagaimana caranya. Berikut sajian lengkapnya bagaimana cara menggendong dari awal hingga nyaman:

  1. Lakukan Secara Perlahan-lahan

Anda harus melakukanya secara perlahan-lahan. Yakinlah ketika anda henda menggendong bayi. Pertama taruhlah satu tangan anda di bawah kepala bayi, sementara tangan yang satunya berada di bawah badan bayi. Kemudian angkat secara pelahan-lahan. Pastikan bahwa bayi merasa nyaman pada cara anda menggendong.

Jika kebetulan anda masih di rumah sakit dan dekat dengan dokter, mintalah saran pada dokter bagaimana cara menggendong. Kalau perlu mintalah untuk ditunjukan secara langsung bagaimana cara menggendong bayi yang benar.

  1. Pilihlah posisi yang paling nyaman bagi anda

Masing-masing orang memiliki kenyamanan yang berbeda termasuk soal cara menggendong bayi. Setelah anda dapat menggangkat bayi dan bayi merasa nyaman. Saat nya anda memilih posisi yang nyaman bagi anda sendiri.

Tiap ibu pasti memiliki cara tersendiri untuk mendapatkan kenyamanan, ada yang dengan berdiri, duduk, di taruh di pangkuan saja. Tetapi umumnya, para ibu-ibu akan nyaman menggendong bagi dengan cara mengayun-ayun atau meletakkanya di bahu. Hal ini karena tumpuhanya yang tepat.

  1. Tetap Hati-hati dan Waspada

Karena otot bayi masih rentan, anda wajib berhati-hati. Terutama saat anda menggangkat bagian kepala, selalu beri dukungan jangan sampai lepas kontrol. Ingat, anda harus selalu menjaga posisi tangan berada di belakang leher pada saat tiap kali mengangkat.

  1. Jadikan Bahu sebagai pijakan

Posisi paling nyaman umumnya adalah meletakkan bayi pada bahu. Maka angkatlah bayi hingga ke dada dekat kepala. Tetap letakkan tangan di bawah bayi terutama yang berada di dekat leher. Sisa yang lain juga harus diperhatikan.

  1. Ayun-ayunkan

Meski letaknya berada di antara dada dan kepala sebaiknya jauhkan kepala bayi dengan dada. Ayunkan ke kanan dan ke kiri secara perlahan. Hati-hati pada bagian leher bayi saat mengayunkan.

Itulah 5 langkah yang bisa anda aplikasikan untuk menggendong bayi. Menggendong bayi biasanya menghadirkan kedekatan tersendiri. Untuk menghadirkan kenyamanan saat menggendong, anda juga dapat memberi zwitsal pada bayi sebelum menggendongnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *