Resep dan Cara Membuat Steak

Tak ada yang bisa menolak akan kelezatan citarasa steak. Di negara Indonesia, steak pada umumnya itu terbuat dari daging sapi yang memiliki tekstur sangat empuk, karena mengunakan daging tenderloin. Lantas, apa yang dimaksud dengan daging tenderloin ? Daging tenderloin adalah daging bagian punggung. Terlepas dari hal itu, mungkin sebagian besar dari kita sudah menyadari bahwa steak yang disajikan di restoran dan cafe, tidak dijual dengan harga yang murah.

Dengan kata lain, anda harus merogoh kantong cukup dalam agar bisa mendapatkan 1 porsi daging steak. Terdengar kabar bahwa 1 porsi steak itu dijual dengan harga berkisar Rp 300 ribu sampai Rp 650 ribu. Mengingat harganya yang begitu mengerikan, apa salahnya jika kita membuat steak sendiri. Tanpa banyak panjang lebar lagi, berikut dibawah ini ada resep cara membuat steak ala rumahan.

Bahan-bahan Yang Harus Disiapkan :

– 500 gram daging sapi (daging tenderloin)

– 2 sendok makan tepung terigu

– 2 butir telur ayam dikocok lepas

– 1 sendok makan garam

– 1 sendok teh mentega

– 1 siung bawang bombai cincang

– 1 sendok teh merica hitam

– 2 sendok makan saus tomat

– 1 sendok makan kecap manis

– 100 ml air

– 1 sendok teh pala bubuk

– 1 sendok makan tepung maizena

Bahan-bahan Pelengkap :

– Kentang goreng (French fries)

– Salad

– cream Mayoinase

Cara Membuatnya :

  1. Potong kecil daging sapinya kemudian blender sampai halus, kemudian sisihkan kedalam wadah.
  2. Masukkan telur, garam, merica, dan tepung terigu, kemudian aduk serta bentuk adonan sesuai selera.
  3. Panaskan wajan yang telah diolesi margarin, lalu panggang adonan steak-nya sampai benar-benar matang kemudian sisihkan.
  4. Untuk membuat sausnya tumis bawang bombai hingga harum kemudian susul dengan saus tomat, kecap manis, merica hitam, pala bubuk, dan air sambil diaduk-aduk.
  5. Selanjutnya masukan tepung maizena, agar tekstur sausnya mengental (sambil dicicipi takut rasanya kurang pas).
  6. Jika diraras sausnya sudah pas, anda tinggal menyiram sausnya keatas daging steak.

Bagaimana, cukup mudah dan simple bukan. Dengan demikian, anda pun bisa membuatnya sendiri tanpa harus mengeluarkan uang banyak hanya untuk mendapatkan 1 porsi steak. 

Oleh karena itu, Anda tentu harus bisa membuatnya dengan bahan bahan yang berkualitas dan juga keahlian memasak yang tidak kalah dengan cheef di berbagai restoran. Dengan demikian, keluargapun menjadi senang dan bisa menabung untuk meminimalisir pengeluaran. Memasak di rumah juga, tentu adalah salah satu cara menghilangkan kebosanan bagi ibu rumah tangga yang selalu berada di rumah bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *