Pilah-pilih Susu Bayi yang Bagus dengan Trik Berikut Ini!

Dancow Batita vanilla 1000gr

Susu adalah makanan yang memiliki banyak kandungan vitamin dan nutrisi yang baik bagi tubuh. Sejak lahir, makanan pertama yang bisa disantapnya adalah susu dari Ibu yakni ASI. ASI merupakan makanan yang terbaik bagi bayi. Namun ada juga kondisi tertentu dimana ASI tidak bisa diberikan pada bayi karena suatu alasan medis atau keadaan. Tak heran jika susu formula juga penting dalam hal ini sebagai pengganti ASI untuk bayi. Susu formula saat ini merupakan susu bayi yang bagus dimana sudah dibuat sesuai kebutuhan pada bayi.

Memilih susu formula bayi yang masih baru lahir atau dengan rentang usia di bawah setahun bukanlah hal yang mudah. Hal ini lantaran bayi di usia tersebut masih belum bisa mendapatkan asupan secara sembarangan, bahkan susu formula sekalipun karena pencernaannya yang belum begitu baik. Untuk itu setiap orang tua juga harus cermat dalam pemilihan susu formula ini dengan periksa kandungannya. Susu formula sendiri tak melulu tentang merek ataupun harga, namun dari segi nutrisi secara keseluruhannya.

Pada dasarnya, untuk semua susu formula sendiri berisi kumpulan nutrisi yang utama mulai dari kandungan protein di dalam susu bayi dimana jenis protein itu sendiri adalah protein kasein serta protein whey. Pada protein kasein memberikan manfaat dalam meningkatkan penyerapan dalam mineral misalnya saja kalsium dan fosfor. Sedangkan untuk protein whey sendiri sangat baik dalam pertumbuhan dan pemeliharaan ototnya. Lalu ada juga lemak susu yang mampu membantu dalam tumbuh kembangnya. Tak lupa kandungan vitamin dan mineral di dalamnya seperti vitamin B12, vitamin A, vitamin D, kalsium, hingga fosfor.

Namun Anda perlu tahu jika yang membedakan misalnya susu A memakai protein whey, sedangkan susu B menggunakan protein casein atau susu C yang memakai protein keduanya. Oleh karena itu, Anda juga harus mengetahui langkah tepat memilih susu bayi yang bagus, diantaranya:

  • Pastikan di kemasan tertulis jika produk susu formula itu memang cocok untuk dikonsumsi pada bayi baru lahir. Umumnya susu untuk bayi baru lahir sendiri adalah berasal dari susu sapi.
  • Selanjutnya, perhatikan juga jenis protein yang ada di susu tersebut. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika protein pada susu terbagi menjadi whey, casein atau mungkin keduanya. Untuk protein whey ini lebih direkomendasikan untuk bayi karena lebih mudah dicerna. Namun jika Anda memilih gabungan kedua protein pun tidak mengapa, asalkan rasionya lebih tinggi protein whey.
  • Dari segi merek, tidak terpaku pada satu merek saja tidak apa-apa. Jika setelah bayi mencicipi susu yang Anda pilih ternyata dirinya tidak suka, maka Anda bisa menggantinya dengan produk merek lain. Memang butuh trial and error dalam pemilihan susu formula ini sehingga harus sabar.

Kerapkali di pasaran atau di situs belanja online dijual susu dari kedelai. Memang banyak yang menyatakan jika susu kedelai ini bisa jadi alternatif bagi bayi dengan alergi susu sapi. Namun jika memang bayi Anda punya kondisi alergi pada susu sapi, maka hindari susu sapi dan juga susu kedelai. Hal ini lantaran bayi yang alergi pada susu sapi juga kemungkinan bisa alergi juga pada susu kedelai. Susu bayi yang bagus juga bisa Anda dapatkan dengan berkonsultasi kepada dokter sehingga Anda bisa menentukan susu yang memang paling tepat bagi si kecil.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *