Penyebab dan Cara Mengatasi Diare

Salah satu permasalahan kesehatan yang sangat besar di Indonesia, adalah penyakit diare. Pasalnya hal tersebut masuk kedalam peringkat ke 13 yang menyebabkan kematian. Hal tersebut tentu menjadi salah satu permasalahan serius yang harus diwaspadai.

Faktor dan Penyebab Diare

Diare pada umumnya dikarenakan bakteri yang menyerang usus, sehingga perut terasa sakit yang menjadikan kotoran menjadi encer. Hal tersebut dikarenakan virus seperti norovirus dan juga rotavirus masuk kedalam tubuh melalui asupan makanan yang tidak bersih.

Berbagai cara masuknya bakteri tersebut, tentu bukan hanya berasal dari makanan saja. Pasalnya, makanan yang sehatpun bisa masuk jika sudah terkontaminasi sendok ataupun tangan yang tidak bersih. Oleh karena itu, tentu kita harus membiasakan diri membersihkan tangan sebelum makan dengan menggunakan sabun lifebuoy agar terhindar dari berbagai penyebab diare berkepanjangan.

Selain diakibatkan oleh bakteri, diare juga bisa disebabkan oleh berbagai hal lainnya seperti alergi terhadap suatu makanan, gangguan metabolism, pengaruh dari obat obatan, penyakit yang terjadi di usus, gangguan psikologis, atau kekurangan dari nutrisi. Oleh karena itu, untuk mengetahui penyebab dari diare yang dialami, tentu harus dilakukan pemeriksaan agar dapat di identifikasi serta ditangani secara tepat.

Mengatasi Diare Dengan Mudah

Jika Anda sedang mengalami diare, tentu hal tersebut sangat mengganggu aktifitas serta konsentrasi Anda. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengatasi berbagai permasalahan yang menyangkut diare agar cepat diatasi.

  1. Oralit

Salah satu cara yang mudah untuk mengatasi diare adalah dengan menggunakan oralit. Selain bahan bahannya cukup mudah dibuat seperti air, gula, dan garam yang tentu bisa kita mudah dapatkan. Oleh karena itu, cara untuk mengatasi diare ini adalah hal yang paling populer di Indonesia.

  1. Yoghurt

Selain oralit, cara yang paling mudah dilakukan untuk mengatasi diare adalah menggunakan yoghurt. Pasalnya, dalam minuman tersebut terdapat bakteri yang dapat membantu tubuh untuk memberantas bakteri jahat di dalam usus.

  1. Kompres

Jika diare mengalami sakit yang sangat mengganggu Anda, salah satu cara untuk mengurangi rasa sakit tersebut adalah dengan cara di kompres pada bagian perut dengan menggunakan air hangat.

  1. Jambu

Buah buahan yang begitu banyak manfaat, tentu selain menjadikan tubuh sehat juga memiliki manfaat lain yakni untuk mengobati. Salah satunya adalah jambu batu yang dapat membantu Anda untuk mengatasi diare.

Jika diare yang dialami cukup lama dan tidak kunjung sembuh, tentu Anda harus memeriksakannya ke dokter. Hal tersebut untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, serta mengetahui secara pasti hal yang terjadi terhadap Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *