Pentingnya Mengetahui Makanan Baik dan Buruk Untuk Ibu Hamil

Saat sang istri sedang hamil, tentu saja hal ini akan menjadi kabar yang menggembrikan bagi keluarga, kerabat, maupun teman terdekat. Yang pasti, kondisi kehamilan ini adalah momen yang paling ditunggu-tunggu oleh oleh setiap pasangan suami istri. Akan tetapi, ada banyak sekali aturan-aturan tertentu yang harus dipatuhi oleh wanita hamil selama kehamilannya. Ya, salah satunya dari segi pola makan. Seperti yang dikutip dari website SGM, ada beberapa jenis makanan yang boleh dimakan oleh ibu hamil, dan ada juga ada makanan-makanan yang tidak boleh dimakan oleh ibu hamil. Nah, biar lebih jelasnya lagi, mari kita simak saja langsung penjelasannya dibawah ini.

Berikan Makanan Sehat dan Lezat Untuk Ibu Hamil

Jenis Makanan Yang Baik Bagi Ibu Hamil:

  1. Ubi Jalar

Jenis makanan pertama yang baik dikonsumsi bagi ibu hamil, yakni ubi jalar. Mengapa harus ubi jalar? Pasalnya, jenis umbi-umbian yang satu ini kaya akan kandungan protein seperti vitamin A, asam folat, serat, dan vitamin C. Tentu saja semua kandungan protein tersebut sangat diperlukan oleh ibu hamil, untuk membantu perkembangan janinnya.

  1. Kacang Merah

Sama halnya dengan ubi jalar, kacang merah juga kaya akan kandungan protein yang bagus untuk perkembangan janin pada ibu hamil. Adapun mengenai beberapa kandungan proteinnya seperti zat besi, asam folat, kalium, kalsium, fosfor, dan asam lemak esensial.

  1. Telur Rebus

Jenis makanan berikutnya yang sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, yakni berupa telur rebus. Menurut para pakar kehamilan, telur ini merupakan sumber kolin terbesar, yang bermanfaat untuk mengurangi resiko cacat otak pada janin.

  1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau menjadi peran utama dalam memenuhi kebutuhan asupan nutirisi manusia, terutama untuk ibu hamil. Adapun mengenai beberapa jenis sayuran hijau yang harus anda konsumsi seperti brokoli, kale, bayam, dan jenis sayuran hijau lainnya.

  1. Daging Merah

Berdasarkan dari hasil penelitian, daging merah memiliki kandungan zat besi yang berfungsi untuk meningkatkan volume darah. Tentu saja hal ini sangat diperlukan oleh para ibu hamil, saat usia kehamilannya sudah memasuki tisemester ketiga.

SGM Untuk Ibu Hamil

Jenis Makanan Yang Buruk Bagi Ibu Hamil :

  1. Ikan Laut Yang Mengandung Merkuri

Ikan laut yang mengandung merkuri ini akan berdampak buruk pada ibu hamil seperti dapat menghambat pertumbuhan otak pada janin, hingga dapat menyebabkan gangguan pada motorik janin.

  1. Buah Nanas

Buah nanas memiliki zat bromelain yang dapat melunakkan dinding rahim, sehingga berpotensi terjadinya keguguran.

  1. Sushi

Sushi merupakan makanan khas Jepang yang terdiri dari nasi ketan, yang diberi topping daging ikan mentah. Nah, ikan mentah tersebutlah yang dapat mengancam kondisi janin bagi ibu hamil, dikarenakan masih menyimpan bakteri seperti salmonella, e coli, dan toxoplasma.

  1. Jenis Keju Tertentu

Ada beberapa jenis keju yang tidak boleh di konsumsi oleh ibu hamil yang diantaranya seperti keju camembert, danish blue, riquefort, brie, soft, jenis keju mentah lainnya. Pasalnya, keju mentah ini memiliki mengandung bakteri listeria yang akan merusak perkembangan janin.

  1. Buah Pepaya

Tak banyak wanita hamil yang tahu, bahwa buah pepaya sangat tidak bersahabat baginya. Menurut para pakar kehamilan, tingginya kandungan lateks pada buah pepaya ini dapat menghambat perkembangan janin.

Nah, itulah beberapa jenis makanan yang baik ibu hamil, dan makanan-makanan yang buruk bagi hamil. Dengan mengetahuinya, anda pun akan lebih waspada lagi saat hendak mengonsumsi makanan-makanan tertentu. Selain pola makanan, ibu hamil juga disarankan untuk mencukupi waktu istirahatnya, serta menghindari aktifitas-aktifitas yang berat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *