Pentingnya BKPM di Indonesia

Setiap orang bahkan negara pasti memiliki modal untuk melakukan suatu pembangunan. Karena tanpa adanya modal tentu kita atau suatu negara tidak bisa melakukan pembangunan. Dan setiap negara juga pasti memiliki lembaga khusus untuk mengatur yang berakitan dengan modal. Dan lembaga yang berwewenang untuk mengatur modal adalah BKPM. Tentu bagi anda nama BKPM masih asing. Karena memang lembaga ini hanya dikhususkan untuk lembaga negara.

Jadi BKPM adalah suatu lembaga non departemen Indonesia yang mempunyai kepanjangan Badan Koordinasi Penanaman Modal. BKPM didirkan pada tahun 1973 – hingga sekarang. Dan sudah silih berganti ketua umum. Yang di mana ketua umum BKPM sekarang dipimpin oleh bapak Thomas Trikasih Lembong. BKPM mempunyai tugas utama untuk mengurusi kebijakan pemerintah di bidang penanaman modal, baik modal dari dalam negeri maupun luar negeri. Jadi bisa dibilang BKPM ini salah satu lembaga yang begerak di bidang keuangan. Jadi lembaga ini yang mengatur semua yang berkaitan dengan modal. Contoh ketika anda investor asing dari negara tetangga malaysia yang ingin menanamkan modalnya di negara kita tentu harus melewati lembaga BKPM. Dan pastinya akan terjadi komunikasi dan kesepaktan diantara kedua belah pihak.

Lalu uang investor yang didapatkan tentunya akan dialokasikan untuk hal yang lebih bermanfaat dan pastinya bisa menghasilkan uang lagi. Ini salah satu tugas dari BKPM yang sebenarnya masih banyak tugas dari BKPM lainnya. Namun yang pasti BKPM tugas utamannya adalah untuk mengelola yang berakaitan dengan modal. BKPM juga sudah berkerja sama dengan banyak perusahaan dalam negeri yang ada di Indonesia. Yang fungsinya untuk menunjang bahwa lembaga ini bisa terus berkembang dan lebih banyak koneksinya. Dan berikut ini pentingnya BKPM ada di Indonesia :

  • Menjaga dan menstablikan perekonomian di Indonesia

Tanpa adanya BKPM tentu negara Indonesia akan kebingungan untuk mengelola dan bekerja sama dengan perusahaan dalam atau luar negeri. Maka dari itu BKPM sangat penting sekali perannya untuk tetap bisa menjaga dan menstabilkan perekonomian di Indonesia. Meski pada kenyataannya bahwa ekonomi masyarakat Indonesia masih banyak yang dibawah standar.

 

  • Menerima Investor asing

BKPM juga mempunyai tugas khusus untuk menerima uang dari investor asing. Tapi kegiatan ini masih meragukan karena resiko nya sangat besar. Karena biasanya investor asing sangat ribet untuk diajak kerja sama dan tidak menguntungkan negara Indonesia. Maka dari itu kebanyakan BKPM selalu bekerja sama dengan  perusahaan – perusahaan besar di Indonesia yang biasanya disebut penanaman modal dalam negeri.

 

  • Sebagai partner APBN

APBN dan BKPM masih dalam satu lembaga keuangan yang pastinya akan terus bekerja sama dengan baik untuk bisa memajukan negara Indonesia menjadi lebih baik. Karena BKPM jika tanpa APBN akan kebingungan untuk mengelola perekonomian di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *