Menjaga Kesehatan Pada Masa Awal Kehamilan

Pentingnya menjaga kesehatan pada masa kehamilan, tentu harus disadari oleh setiap ibu hamil yang sedang mengandung.  Pasalnya pada fase perkembangan janin trimester pertama ini termasuk fase yang krusial. Hal tersebut dikarenakan, adanya perubahan tubuh pada sang ibu hamil sehingga dirinya merasa sedang sakit. Selain itu juga, adapula ibu hamil yang sulit menghilangkan kebiasaannya, yang justru menyebabkan keguguran. Berikut beberapa cara menjaga kesehatan pada masa awal kehamilan:

  1. Melakukan Check Up

Jika Anda mengalami keterlambatan menstruasi, tentu adalah salah satu ciri masa kehamilan. Anda bisa melakukan check up ke dokter ataupun bisa menggunakan tespack. Jika ternyata Anda positif, segera melakukan konsultasi ke dokter untuk mendapatkan berbagai resep vitamin, serta mengecek perkembangan janin Anda. Dengan rutin melakukan konsultasi ke dokter, tentu Anda dapat mengetahui serta menjaga kandungan Anda.

  1. Meminum Vitamin

Setelah berkonsultasi ke dokter, pada masa awal kehamilan Anda akan diberikan asam folat untuk dikonsumsi setiap hari. Asam folat memberikan asupan bagi janin Anda agar dapat berkembang secara baik. Dalam mengkonsumsi asam folat, biasanya Anda diharuskan meminum setiap pagi setelah sarapan 1 hari 1 kali. Selain itu, Anda juga harus rajin meminum susu yang kaya akan vitamin dan gizi seperti lactamil. Hal tersebut agar, kandungan Anda sehat dan ibu hamilpun akan mendapatkan energy dalam beraktifitas.

  1. Makanan Sehat

Ketika masa awal kehamilan, tentu adalah salah satu hal yang paling penting bagi perkembangan janin. Dengan diberikan asupan makanan yang sehat, tentu akan memberikan perkembangan janin yang baik. Selain itu juga, tentu harus menghindari makanan yang berbahaya bagi masa kehamilan seperti nanas.

  1. Istirahat yang Cukup

Masa awal kehamilan, tentu adalah masa yang sangat rentan bagi sang ibu hamil dan janin. Pasalnya sering terjadi keguguran dikarenakan kandungan yang belum kuat. Adabaiknya, Anda ketika masa awal kehamilan ini tidak perlu terlalu sering berolahraga yang berat.

  1. Menghirup Udara Segar

Jika Anda seorang perokok. Maka hentikan dengan segera kebiasaan tersebut agar udara bersih bisa mengalir kedalam darah. Tentu hal tersebut juga berlaku bagi lingkungan sekitar yang perokok, agar sang ibu menghindari polusi udara yang kotor.

  1. Hindari Stress

Hal yang paling biasa dialami oleh ibu hamil adalah stress. Baik itu dikarenakan tekanan pekerjaan, tekanan belajar, tekanan dari lingkungan, maupun lainnya. Ibu yang sedang mengandung sebaiknya diberikan kenyamanan serta terhindar dari stress.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *