Menjaga Kesehatan Anak Dari Hal Sederhana

Kesehatan pastilah adalah hal yang sangat berharga untuk setiap orang dan di setiap keluarga. Maka dari itu jika kesehatan sudah terganggu, ada sebagian orang yang rela bahkan berobat ke luar negeri. Namun tentunya membutuhkan uang yang tak sedikit. Oleh karenanya kita seharusnya menjaga kesehatan kita lebih ketat lagi. Begitu juga kesehatan anak-anak kita. Apalagi kesehatan anak yang mudah terserang berbagai penyakit karena sistem imun anak yang tak sekuat orang dewasa. Banyak hal yang harus dilakukan para orang tua untuk menjaga kesehatan anak. Bukan hanya harus minum vitamin setiap hari namun dari hal yang sederhana juga dapat menghindarkan anak dari berbagai macam penyakit. Seperti hal-hal berikut ini.

  1. Mencuci Tangan Sebelum Makan

Hal sederhana yang pertama yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan anak anda adalah dengan menyuruh dan mengingatkan anak anda untuk mencuci tangan sebelum makan. Namun jangan asal menyuruh mereka mencuci tangan karena mencuci tangan yang baik dan benar adalah mencuci tangan dengan menggunakan sabun. Cuci tangan pakai sabun lebih ampuh untuk membunuh kuman yang ada di tangan. Apalagi kita tidak tahu apa saja yang sudah anak kita sentuh dan pegang. Oleh karena itu biasakan anak anda untuk mencuci tangan dengan sabun agar lebih terjaga dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

  1. Banyak Mengonsumsi Buah Dan Sayur

Hal sederhana kedua yang bisa menjaga anak anda dari berbagai ancaman penyakit adalah usahakan anak anda untuk mengonsumsi buah atau pun sayur. Jika anak anda dibiarkan mengonsumsi makanan atau jajanan yang tak sehat maka tak heran jika anak anda akan mudah terserang penyakit seperti demam, flu atau batuk. Jika anak anda tak suka makan sayur, maka anda harus jadi orang yang kreatif dengan memasukan sayuran di masakan yang mereka suka seperti menjadikannya nugget dan lain-lain. Kemudian jika anak anda malas makan buah, anda bisa memotong buah dan membuanya menjadi bentuk-bentuk yang lecu agar mereka mau memakannya.

  1. Minum Air Putih

Anak-anak biaanya lebih suka mengonsumsi minuman yang berwarna atau minuman yang bersoda. Yang tentu saja akan membuat mereka akan rentan terkena penyakit. Untuk menghidarkan hl tersebut, ada baiknya jika anda membuat anak anda untuk mengonsumsi air putih. Anda bisa menyiasatinya dengan menbawakan mereka air minum dari rumah sebagai bekal ke sekolah. Kemudian jangan menyediakan minuman bersoda atau berwarna di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *