Mengenal Teknik dan Aturan Main Sepak Takraw

Sepak takraw adalah olahraga permainan menggunakan bola (bola rotan) yang melibatkan enam pemain yang terbagi dalam dua regu yang saling berhadapan. Masing-masing dengan tiga pemain. Seorang bertindak sebagai tekong. Tugasnya melakukan tendangan awal (servis) kepada lawan. Untuk tugas itu ia dibantu lemparan yang dilakukan oleh kedua apit, kiri atau kanan. Keduanya berkedudukan di muka net.

Ketika pertandingan sudah berjalan, kedudukan ini menjadi tak begitu jelas. Setiap pemain, tekong mau pun apit, dituntut mampu melakukan gerakan-gerakan akrobatik. Baik waktu menyerang, mau pun dalam menahan serangan-serangan lawan. Apalagi waktu melakukan smes. Seorang pemain terlihat bersalto di udara, namun mampu mendarat dengan mulus.

Teknik Permainan

Ada lima teknik menyepak dalam sepak takraw yang mutlak harus dikuasai seorang pemain. Yakni, sepak sila, menyepak bola bagian dalam kaki, sedikit di bawah mata kaki. Ketika melakukan sepakan ini kaki yang tak menyepak sedikit dibengkokkan. Sepakan ini biasa digunakan menahan lontaran bola lawan atau memberi umpan kepada lawan.

Baca juga : Mau Jago Bermain Bola Basket? Ini Dia Teknik Dasarnya

Berbeda sedikit adalah sepak badik. Bila sepak sila dilakukan dengan bagian dalam kaki, ini dilakukan dengan daerah sedikit di bawah mata kaki bagian luar. Sepakan ini biasanya digunakan sebagai gerak refleks menolak bola serangan lawan.

Teknik dasar ketiga adalah sepak punggung kaki. Ini dilakukan dengan punggung kaki bagian depan. Tujuannya menghasilkan suatu sepakan lurus ke muka. Berbeda dengan dua sepakan terdahulu, kaki yang tak menyepak harus diluruskan.

Sepak paha, sesuai namanya sepakan ini dilakukan menggunakan kekuatan paha. Efek yang dihasilkan biasanya lambung bola yang tak terlalu tinggi, sebelum diumpankan kepada pemain yang lain.

Yang satu ini sebenarnya tak dapat dikategorikan sepakan karena tak menggunakan kaki, tapi kepala. Toh, namanya sepak kepala. Dalam melakukan gerakan ini, yang paling mendukung adalah gerak otot leher. Semakin tinggi tubuh seorang pemain, semakin efektif ia memanfaatkan gerakan kepala ini.

Aturan Main

Peraturan pertandingan sepak takraw sangat unik. Campuran peraturan beberapa cabang olah raga lain. Ada bulutangkis, volley, bahkan sepakbola. Sistem penilaian dalam permainan ini serupa dengan bulutangkis. Kemenangan dicapai mereka yang mencapai angka 15 lebih dahulu. Bila terjadi angka 13 yang sama, maka deuce lima. Sedang bila terjadi angka 14 yang sama, diiakukan deuce tiga. Bila dua regu yang berhadapan membagi dua set, maka dilakukan set perpanjangan (rubber set).

Hati-hati dengan garis! Dalam permainan ini garis-garis di lapangan mempunyai arti yang sangat besar. Seorang tekong, pada waktu melakukan tendangan servis, kakinya yang bertumpu tak dibenarkan menyinggung atau pun melewati garis yang disediakan. Begitu pun seorang apit tak boleh melewati garis setengah lingkaran yang disediakan untuknya, pada waktu ia melakukan lemparan servis buat tekong.

Baca juga : Melatih Mental dan Stamina dengan Kendo

Persamaan dengan sepakbola, dalam masalah handsball. Dalam sepak takraw, semua bagian tubuh boleh digunakan membentur bola kecuali tangan. Apabila terkena bagian tangan, sengaja atau tidak, regu yang bersangkutan dinyatakan mati.

Cabang lain yang juga rnemberikan andil buat peraturan sepak takraw ini adalah bola volley. Setiap regu berhak memainkan bola tiga kali pemukulan sebelum di ‘terbangkan’ ke daerah lawan.

Kelebihan dibandingkan volley, dalam sepak takraw seorang pemain dapat mempermainkan bola tiga kali tanpa harus bergantian. Jadi bisa saja seorang pemain menerima, mempermainkan dan kemudian mengembalikan bola itu sendirian.

Mudah dan Murah

Olah raga ini sebenarnya dapat dimainkan tanpa memerlukan biaya tinggi. Bila di daerah tempat tinggal Anda terdapat sepetak tanah kosong, manfaatkanlah itu. Langsung saja diberi garis. Panjang dan lebar lapangan serupa benar dengan bulutangkis. Panjang 13,40 meter sedang lebar 6,10 meter. Net dibentangkan di atas garis tengah pembatas dengan ketinggian 1,55 meter. Net itu sendiri mudah diperoleh dengan harga murah.

Pada masing-masing bagian lapangan yang telan dibagi dua itu, diberi lingkaran untuk tempat tekong dan apit. Tekong diberi sebuah lingkaran bergaris tengah 60 cm, agak di belakang. Sedang apit mendapat daerah melempar bola berupa setengah lingkaran dengan jari-jari 90 cm.

Bola yang digunakan ada 2 jenis, untuk pemula dan lanjutan. Bola bagi pemula lebih lunak, serta mudah diperoleh dengan harga murah. Bagi para pemain yang sudah mahir biasanya memilih jenis bola yang lebih keras yang lambungannya lebih keras dan cepat. Salah-salah kulit bisa terkelupas!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *