Mengenal Jenis Lantai Kayu dan Harganya

Berbeda dengan jenis lantai lainnya, lantai yang terbuat dari kayu memiliki nilai estetika yang cukup tinggi dan tingkat kenyamanannyapun tidak meragukan. Dari perbedaan tersebut sehingga tidak heran jika lantai kayu ini memiliki harga yang sedikit lebih mahal dan tidak banyak orang menggunakan jenis lantai kayu ini. Namun jika dilihat dari begitu banyak keunggulan yang akan anda dapat dari lantai kayu, tentu akan setimpal dengan harganya.

Untuk memberikan sedikit lebih informasi mengenai lantai kayu ini. Pada kempatan yang berbahagia ini , saya akan mencoba berbagi mengenai macam atau jenis-jenis lantai kayu yang sering digunakan dan diperjual belikan. Berdasarkan jenis materialnya, lantai kayu ini dibedakan menjadi dua yaitu Kayu Buatan atau sering disebut Engineered Hardwood dan Kayu Solid atau Solid Hardwood.

Engineered Hardwood

Jenis engineerd hardwood merupakan jenis lantai kayu yang elemennya terdiri dari beberapa lapisan kayu yang disusun secara melintang. Pengaplikasian jenis lantai kayu yang satu ini bisa langsung diterapkan di atas lantai, dengan catatan leveling lantai harus baik.

Biasanya kayu buatan ini memiliki ketebalan berkisaran antara 15-18 mm. salah satu alasan Janis lantai ini menjadi jenis lantai kayu pilihan anda adalah karena memiliki keunggulan-keunggulan seperti diantaranya adalah kemudahan saat pemasangan dan dapat dipasang hampir diseluruh ruangan.

Solid Hardwood

Solid hardword atau sering disebut kayu solid memiliki ketebalan diantara 18-20mm yang dibentuk seperti plank. Secara umum, model dari jenis ini terdapat alur dan lidah dibagian tepinya. Keunggulan yang membedakannya dengan jenis harga lantai kayu engineer hardwood adalah adanya kemungkinan untuk diamplas ulang setelah pemakaian. Berbeda dengan jenis kayu buatan, jenis kayu ini tidak terlalu perlu finishing. Jenis ini pun memiliki kekurangan diantarnya adalah dapat terjadinya penyusutan ukuran, sebab terbuat dari kayu solid asli.

Itu dia sedikit informasi yang dapat saya bagikan kepada teman-teman, semoga informasi tersebut menjadi hal yang bermanfaat bagi teman-teman sekalian untuk menambah wawasan mengenai jenis-jenis lantai kayu yang ada dipasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *