Cara Mengatasi Pilek Pada Anak Secara Alami

Di musim pancaroba ini segala jenis macam penyakit bisa dengan mudah menyerang anda dan keluarga terutama anak anda. Hal ini dikarenaka daya tahan tubuh anak belum sekuat orang dewasa. Untuk itu anda harus memperhatikan benar kondisi tubuh anak anda. Karena jika anak sudah terserang penyakit maka akan membuatnya tak bersemangat dan juga kita sebagai orang tua pasti akan khawatir. Penyakit di musim pancaroba ini yang sering menghigapi anak anda adalah penyakit pilek. Kita sebagai orang tua tak boleh menyepelekan penyakit pilek ini. Karena jika dibiarkan juga akan berakibat fatal dan menyebabkan penyakit lainnya. Memang biasanya jika anak kita pilek kita langsung memberikannya obat anti pilek yang kita beli di warung namun akan lebih baiknya jika kita juga mengatasi pilek pada anak kita secara alami. Seperti cara mengatasi pilek pada anak berikut ini secara alami.

  • Madu

Siapa yang tau betapa hebatnya khasiat madu bagi kesehatan. Tetapi pastinya madu yang masih alami bukan madu yang sudah mengalami proses kimia. Madu ini selain bisa membakar lemak. Madu juga sangat ampuh untuk mengatasi pilek yang menyerang anak anda. Anda bisa memberikan madu secara langsung tanpa campuran apapun atau anda bisa mencampurnya dengan teh hangat. Anda bisa memberikan masu 3 kali sehari pada anak anda.

  • Mandi Air hangat

Saat anak anda sedang mengalami pilek maka anak anda jangan biarkan mandi air dingin. Karena hal tersebut bisa membuat pilek anak anda semakin parah. Maka dari itu gunakan air hangat untuk mandi anak anda. Selain membuat badan anak anda lebih hangat. Mandi air hangat juga bisa melegakan pernafasan anak anda yang tidak berjalan baik karena pilek. Ini dikarenakan air hangat menghasilkan uap yang bisa melegakan pernafasan.

  • Banyak Minum Air Putih

Anda jangan menyepelekan kandungan yang terdapat dalam air putih. Dengan meminum air putih secara rutin juga bisa membantu meredakan pilek pada anak anda. Salah satu penyebab anak anda pilek pastilah juga karena anak anda banyak meminum minuman yang berwarna atau berasa. Jika jus sih tidak apa-apa namun jika minuman kemasan pastilah bisa menyebabkan penyakit seperti pilek.

  • Istirahat

Anak kecil memang sangat suka lari kesana kemari. Bermain dengan teman-temanya walaupun kondisi badan sedang tidak baik. Jangan sampai hal ini terjadi pada anak anda ketika sedang pilek. Karena pilek akan sangat lama sembuh jika tubuh anak anda tidak dibiarkan beristirahat. Oleh karena itu anda harus tertib dalam menyuruh anak anda untuk istirahat seperti tidur siang dan tidur jangan terlalu malam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *