Menembak, Olahraga Adrenalin yang Menuntut Fokus

Belakangan hobi menembak semakin meluas di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Tidak sedikit yang menjadikan menembaj sebagai pilihan berolahraga. Memang pada awalnya kebanyakan iseng ikut teman-temannya, lalu jadi hobi. Lantas, sebenarnya manfaat apa sih yang bisa diambil dari kegiatan olahraga menembak ini? Alasan apa yang membuat tak sedikit orang jatuh hati pada olahraga adrenalian yang menuntut fokus ini?

Meski sudah semakin luas, kalangan pehobi menembak tetap terbatas. Pasalnya, menembak terbilang olahraga mahal. Bukan hanya melibatkan biaya latihan yang merogoh kocek ratusan ribu rupiah untuk amunisi dan lainnya. Ada puluhan juta rupiah yang diperlukan bila ingin menggeluti olahraga tersebut. Harga pistol saja puluhan hingga ratusan juta rupiah. Pistol jenis STI saja misalnya, untuk memilikinya Anda harus membelinya dengan harga Rp 95 juta.

Namun, sebelum bisa membeli senjata, setiap orang harus memiliki sertifikat untuk izin memiliki senjata. Mereka juga harus lulus tes ujian Perbakin untuk menjadi anggotanya. Sertifikat itu biayanya sekitar Rp l2 juta. Kartu tanda anggota Perbakin menjadi prasyarat dalam pembelian senjata, peluru, dan mengikuti kejuaraan. Sebelum mengikuti tes di Perbakin, penembak juga harus menjadi anggota klub yang terdaftar dan diakui.

Karena membutuhkan biaya ekstra, wajar sekali bila menembak lebih banyak digeluti kalangan profesional. Namun di Bank Sumsel, karyawan malah didorong perusahaan untuk bergabung dengan klub menembak.

Berikut ini beberapa alasan kenapa Anda perlu ikut olahraga menembak. Dalam menembak, fisik harus kuat dan konsentrasi. Dalam bisnis juga begitu, fokus syaratnya. Demikianlah elemen menembak yang bisa bermanfaat di kehidupan bisnis.

Belakangan ini, kompetisi menembak yang diikuti karyawan perusahaan pun nyatanya menjadi gaya promosi baru. Hal itu bisa terjadi karena dalam menembak dibutuhkan kecepatan dan ketepatan sehingga akan terlatih menganalisis dan mengambil keputusan dalam pekerjaan secara cepat dan tepat. Di sisi lain, ikut dalam kompetisi menembak memberi karyawan sepertinya, kesempatan untuk mempromosikan bank tempatnya bekerja. Tentu, selain berkenalan dengan penembak lain, saat diumumkan sebagai pemenang pun perusahaan mendapat promosi dalam bentuk lain. Jadi lebih banyak dikenal karena prestasinya pula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *