Macam-Macam Kreasi Takjil Yang Lezat

Berbagai hindangan tersaji saat waktu berbuka puasa tiba. Termasuk sajian takjil yang tak pernah terlupakan. Sebenarnya takjil bisa berupa makanan apa saja. Namun orang Indonesia biasanya mengartikan takjil dengan makanan yang manis. Padahal takjil adalah hindangan untuk dimakan sebelum makanan berat. Meminum air putih saja juga bisa menjadi takjil loh. Coba anda hanya minum 2 gelas air putih saat berbuka, pasti juga sudah sedikit merasa kenyang kan. Namun jika anda ingin takjil ada di menu berbuka puasa anda, anda bisa membuat kreasi takjil yang lezat berikut ini.

  1. Bubur Kacang Hijau Dengan jahe

Kacang hijau dipercaya dapat membuat energy di tubuh tetap terjaga. Maka tak heran jika kacang hijau banyak dikonsumsi oleh tentara kita. Untuk itu anda bisa membuat bubur kacang hijau sebagai menu takjil yang lezat dan juga sehat. Namun anda bisa menambahkan jahe ke dalam bubur kacang hijau yang anda buat. Jahe bisa menghangatkan tubuh anda karena seharian berpuasa. Cara membuatnya mudah, anda rebus dulu kacang hijau hingga mendidih. Kemudian anda masukan jahe ke dalannya. Setelah beberapa saat anda masukkan santan kelapa. Aduk hingga matang. Jangan lupa beri sedikit tambahan garam dan juga gula.

  1. Bakwan Udang Lezat

Pasti enak jika memakanan cemilan yang gurih. Selain gurih bakwan udang juga tinggi akan protein. Untuk itu anda bisa membuatnya di rumah. Siapkan beberapa udang dengan ukuran sedang. Mari kita buat adonan bakwannya. Anda masukkan tepung terigu ke dalam wadah, tambahkan air secukupnya lalu beri garam dan juga penyedap rasa. Setelah itu anda potong-potong wortel. Masukkan wortel ke dalamnya. Lalu cetak di wajan yang panas. Setelah itu taru 2 atau 3 udang di atasnya. Goring hingga kecoklatan.

  1. Timun Suri Dengan Melon

Mari kita membuat minuman yang bisa membuat dahaga langsung hilang. Anda bisa membuat minuman dengan isian timun suri di dalamnya. Anda siapkan melon dan timun suri. Jangan lupa anda siapkan sirup rasa melon, dan juga es batu. Setelah itu kita parut atau serut timun suri dan melon menjadi bagian yang memanjang. Anda bisa membeli cetakan untuk parutan tersebut di toko kelontong. Setelah itu buat larutan gulan dengan air hangat. Masukkan sirup melon setengah sendok. Kemudian masukan timun suri dan melonnya. Jangan lupa beri es batu.

  1. Pisang Cokelat

Pisang adalah buah yang kaya akan serat. Maka cocok sekali untuk dijadikan takjil yang lezat. Anda bisa pilih pisang muli jika ingin lebih lezat dan gampang dipegang. Kemudian anda siapkan stick eskrim. Anda bisa membeli stick es krim di toko bahan kur. Kemudian anda beberapa jam sebelum membuat takjil, anda bekukan dulu pisang di lemari pendingin. Kemudian mari kita buat adonan cokelatnya. Anda bisa siapkan cokelat bubuk, gula halus dan minyak goring. Masukkan minyak goring ke dalam wadah. Tambahkan gula halus secukupnya dan cokelat bubuk. Aduk hingga rata, kemudian keluarkan pisang dari kulkas. Lalu tusuk dengan stick es krim. Setelah itu celupkan pada adonan cokelat tadi. Lalu sajikan dengan diberi topping meses.

  1. Pepaya Cokelat

Selain pisang, pepaya juga bisa anda buat menjadi takjil yang unik dan lezat. Apalagi papaya kaya akan serat juga. Caranya sama dengan pisang cokelat. Anda bekukan dulu papaya. Kemudian buat adonan coklat seperti di atas. Lalu celupkan pasa adonan cokelat tadi. Kemudian beri topping meses. Sebenarnya selain meses, anda juga mengganti topping dengan butiran cokelat warna warni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *