Langkah Modifikasi Motor Pada Bagian Ban Menjadi Lebih Kecil

Salah satu bagian menarik modifikasi motor yang bisa kila lakukan adalah pada bagian ban. Bagian ini memberikan kesan motor jadi beragam. Bila ban kita ubah besar, kesan motor jadi terlihat ikut besar pula. Begitu pula bila ban kita ubah jadi kecil, motor jadi terlihat lebih ramping dan sederhana. Jadi kita bisa memilih mau seperti apa modifikasi kita lakukan.

Untuk itu, kali ini kita akan bahas mengenai modifikasi ban motor menjadi lebih kecil dari ukuran sebelumnya. Bila sebelumnya masih berukuran standar, kita akan ubah jadi lebih kecil. Modifikasi semacam ini sangat cocok untuk beberapa jenis motor, seperti jupiter Z, jupiter MX, Satria F dan beberapa jenis motor lainya. Langsung kita mulai langkahnya:

  1. Budget

Berapa budget yang akan kamu gunakan untuk memodifikasi bagian ban kamu? kamu tidak hanya akan beli ban saja tetapi kamu juga akan beli pelek dan lain sebagainya. Jadi pikirkan budget terlebih dahulu

  1. Ukuran kecil

Dalam undang-undang sudah ditentukan ukuran standar sebuah ban. Jika terlalu kecil kamu akan melanggar hukum. Khususnya undang-undang lalu lintas dan peraturan pelaksanaanya. Jadi pikirkan dulu, apakah kamu akan berani melanggar hukum atau tidak? Siapkan kamu? hal lain akan berbeda bila kamu mengganti ban kamu dengan yang lebih besar.

  1. Tempat beli

Ada baiknya bila kamu suda bergabung dengan komunitas sepeda motor. Terutama yang sama-sama menggunakan ban kecil. Hal tersebut akan berdampak kamu lebih mudah berbagi pengalaman dan menemukan solusi bersama.

  1. Keamanan

Diakui atau tidak, tipe ban yang lebih kecil menyebabkan motor lebih mudah slip. Khusus untuk jalan di area yang licin, sangat tidak dianjurkan. Jadi pikirkan hal ini.

Perlu diingat, bahwa ban motor adalah salah satu bagian yang memiliki standar tersendiri. Modifikasi tidak boleh mengabaikan faktor keselamatan dan keamanan. Jadi silakan anda modifikasi ban motor anda menjadi labih kecil, tapi jangan terlalu kecil ya, agar tidak melanggar ketentuan hukum lalulitas yang ada di negara kita tercinta ini. Juga agar tidak membahayakan keselamatan orang lain dan diri anda sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *