Kenali Waktu Olahraga Yang Tepat Kala Puasa

Puasa bulan ramadhan menjadi salah satu rukun islam yang wajib ditunaikan oleh semua umat muslim tanpa terkecuali jika sudah memenuhi syaratnya.  Kewajiban dalam menjalankan ibadah puasa juga berdampak pada kehidupan sehari-hari. Ada banyak hal yang berubah ketika kita berpuasa dan tidak. Salah satu yang paling tampak adalah perbedaan waktu makan dan minum kita.

tips-berlatih-pilates-di-rumah

Saat puasa kita hanya diperbolehkan makan dan minum di waktu buka dan syahur saja. Hampir 14 jam tubuh tidak diisi asupan makanan dan miniman selama sehari. Sementara untuk menjaga dan melakukan perawatan tubuh agar tetap sehat dan fit. Tubuh harus tetap memperoleh asupan olahraga tiap hari. Bukan berarti ketika puasa tubuh tidak perlu lagi diberi olahraga.

Saat Puasa Tubuh Masih Butuh Olahraga

Olahraga sangat baik bagi tubuh untuk membakar kalori dalam tubuh. Termasuk juga kandungan-kandungan yang tidak terlalu diperluka tubuh tapi sudah terlanjur masuk. Apalagi, ketika berbuka dan saur terkadang kita mengkonsumsi makanan tidak dengan jumlah yang tepat. Jadi sekalipun kita puasa, tubuh masih butuh olahraga. Yang kita perlukan hanyalah menyesuaikan waktu olahraganya.

Waktu Olahraga Yang baik Saat Puasa

Ketika puasa kita tidak boleh memilih sembarang waktu untuk melakukan olahraga. Sebab jika salah tubuh bisa mengalami dehidrasi. Lalu kapan waktu olahraga yang baik? Sebenarnya ada beberapa pendapat soal waktu yag baik untuk olahraga, yang paling penting sesuaikan dengan kemampuan kamu.

  1. Setelah berbuka

Waktu pertama yang bisa kamu pilih untuk melakukan olahraga saat puasa adalah saat selesai berbuka. Jadi dengan begitu kamu tidak perlu membebani tubuh kamu atau takut dehidrasi, sebab kamu sudah berbuka.

  1. Menjelang Berbuka

Ada juga pendapat yang mengatakan bahwa waktu terbaik untuk melakukan olahraga demi melakukan perawatan tubuh agar tetap fit adalah di waktu menjelang berbuka. Sekitar 30 sampai 60 menit sebelum berbuka. Hanya untuk waktu ini sangat tergantung dengan kondisi badan kamu.

  1. Jangan lakukan di siang hari

Meski kamu akan sangat mudah membakar lemak dalam tubuh kamu, bukan berarti kamu boleh olahraga di siang hari saat puasa. Ditakutkan kamu mengalami dehidrasi.

Nah itulah beberapa waktu yang bisa kamu pilih untuk menjalankan olahraga kala puasa demi perawatan tubuh kamu tetap sehat. Selamat berpuasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *