Jenis Alergi Berdasarkan ‘Jalan Masuk’ Allergen ke Tubuh

Alergi merupakan salah satu gangguan kesehatan yang disebabkan karena sistem imun yang mendeteksi zat yang memiliki kontak dengan tubuh sehingga menimbulkan reaksi yang berlebihan. Zat pemicu alergi atau yang disebut dengan allergen tersebut dapat memicu reaksi alergi yang beragam, mulai dari reaksi alergi yang ringan hingga yang parah yang dapat menjadi salah satu penyebab kematian. Terdapat beberapa jenis alergi berdasarkan pada jalan masuk alergi ke tubuh.

Pertama adalah alergi inhalant. Macam alergi ini disebabkan karena jenis allergen yang masuk ke tubuh dengan melalui pernafasan. Beberapa jenis allergen yang menjadi penyebab alergi ini diantaranya adalah debu, asap, serbuk sari dari tanaman, bulu binatang peliharaan. Jenis allergen debu, serbuk sari dan bulu binatang adalah jenis allergen yang paling banyak memicu alergi.

Kedua adalah alergi injektan. Alergi ini dipicu karena allergen yang masuk ke tubuh dengan melalui gigitan, sengatan atau bahkan suntikan. Jenis allergenic yaitu gigitan serangga, sengatan dari lebah atau karena kandungan dari bahan kimia yang terkandung di dalam obat tertentu sehingga menyebabkan alergi kimia. Ketiga adalah alergi kontaktan. Alergi ini disebabkan karena jenis allergen yang bersinggungan langsung dengan penderita misalnya lewat sentuhan. Jenis allege yang biasanya memicu alergi diantaranya yaitu kosmetik atau debu yang menempel di kulit.

Keempat adalah alergi ingestants. Jenis alergi ini disebabkan karena allergen yang masuk ke dalam tubuh dengan melalui sistem pencernaan. Terdapat beberapa jenis allergen dan diantaranya yaitu seafood, gandum, telur, susu sapi. Jika alergi terhadap seafood biasanya terjadi pada orang dewasa dan tidak jarang tidak dapat disembuhkan, sedangkan alergi protein susu sapi biasanya dialami oleh anak-anak dan umumnya, alergi akan menghilang seiring perkembangan anak. Untuk menghindari dan kendalikan alergi protein susu sapi yang semakin parah, berikan susu pengganti seperti SGM Eksplor Soya yang terbuat dari Soya jika anak Anda tidak mengalami alergi terhadap soya. SGM Eksplor Soya mengandung presinutri+ sehingga anak Anda tetap dapat berkembang dengan optimal dan susu formula dari SGM tersebut juga mengandung formula Isolat Protein untuk sumber protein yang tepat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *