Jangan Sepelekan Cedera Olah Raga

Dokter ahli ortopedi atau bedah tulang adalah dokter yang memiliki keahlian dalam mengobati atau menangani kasus-kasus yang berhubungan dengan otot, ligamen, dan tulang. Masyarakat sudah paham tentang peranan dokter ahli ortopedi yang menangani kasus yang bisa diakibatkan cedera akut, kronis, dan trauma akibat kecelakaan ini.

Namun, mungkin masih ada yang belum paham bahwa dokter ortopedi sebenarnya ruang lingkupnya sangat luas. Ahli ortopedi juga memiliki keahlian dalam menangani masalah medis yang berkaitan dengan cedera olah raga.

Keberadaan dokter ortopedi dalam dunia olah raga di luar negeri sudah sangat dikenal bahkan untuk atlet-atlet terkenal dunia. Kadang-kadang atlet sangat tergantung dengan keberadaan dokter ortopedi untuk menangani cederanya.

Baca juga : Carbo Loading Mendukung Kecepatan Lari Seorang Pelari

Aktivitas olah raga bukan hanya dilakukan oleh atlet atau olah ragawan. Olah raga sudah menjadi bagian dari gaya hidup yang sudah dilakukan oleh masyarakat yang paham akan pentingnya berolah raga. Namun, belum banyak yang paham kalau dalam berolah raga bisa saja terjadi kecelakaan yang mengakibatkan cedera pada salah satu bagian tubuh seperti cedera otot, ligamen, atau patah tulang.

Memang dalam kasus cedera olah raga jarang menunjukkan kasus yang berhubungan dengan tulang, seperti patah tulang. Hal itulah yang mungkin membuat orang kurang peka akan kebutuhan penanganan dokter ahli ortopedi.

Padahal, cedera saat olah raga tidak bisa dianggap remeh dan memerlukan penanganan yang tepat. Terlebih bagi seorang atlet di bidang olah raga tertentu. Cedera akibat olah raga harus ditangani secara tepat agar fungsi organ tubuh yang cedera tersebut bisa kembali normal dan bisa digunakan unluk kegiatan olah raga yang digelutinya.

Sebagai contoh, salah satu kasus cedera olah raga, yakni adanya cedera ligamen atau urat di dalam lutut. Hal itu bisa membuat sendi pada lutut tidak stabil. Pasien akan merasakan nyeri. Hal itu bisa ditangani oleh dokter ahli ortopedi yang memang khusus menangani cedera olah raga.

Baca juga : Tips Berlatih Pilates di Rumah

Masyarakat tidak perlu takut kalau cedera akan langsung dioperasi. Ahli ortopedi tidak akan langsung memvonis operasi karena akan dilihat dulu kasusnya. Pasien akan diminta untuk beralih ke olah raga lain yang tidak akan mengganggu bagian yang cedera tersebut, sehingga tidak perlu operasi.

Meski begitu, bagi seorang atlet yang sudah menjadikan olah raga yang digelutinya sebagai profesi, jika mengalami cedera pada bagian tubuhnya, mau tidak mau mereka harus ditangani secara khusus. Salah satunya, diperlukan tindakan operasi agar bagian yang cedera bisa berfungsi normal lagi dan ia bisa kembali menjadi atlet.

Oleh karena itulah, perlu informasi bahwa dokter ahli ortopedi juga memiliki keahlian khusus di bidang cedera olah raga. Hal itu diperlukan agar masyarakat juga paham bahwa cedera saat berolah raga bisa saja bukan sekadar cedera nyeri biasa, tetapi perlu pemeriksaan atau penanganan dari dokter ahli ortopedi. Hal itu untuk meyakinkan bahwa cedera yang dialami bukanlah sekadar cedera biasa agar kegiatan atau aktivitas berolah raga tetap bisa dijalani.

Jika mengalami cedera saat berolah raga dan hanya diobati biasa, tetapi satu bulan atau enam bulan kemudian masih merasakan nyeri di lokasi atau tempat yang sama, lebih baik memeriksakan diri ke ahlinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *