Inspirasi untuk Mempercantik Ruang Tamu Tanpa Harus Mengeluarkan Biaya Mahal

Ruang tamu bagaikan jantung dari sebuah rumah. Betapa tidak? Ruangan yang pertama kali orang datangi saat bertamu ke rumah Anda, dan disanalah tamu-tamu Anda akan memiliki kesan pertama yang biasanya selalu membekas mengenai seperti apa kepribadian Anda berdasarkan suasana ruang tamu di rumah. Anda tentu tidak mau kerabat dan sahabat Anda memiliki kesan pertama yang buruk mengenai rumah Anda hanya karena ruang tamu Anda berantakkan dan tidak enak dilihat, bukan?

Kini Anda tergoda untuk merenovasi kecil-kecilan ruang tamu Anda, namun khawatir bahwa prosesnya akan membutuhkan waktu, tenaga, dan biaya yang tidak sedikit. Jangan khawatir, merenovasi ruang tamu bukan berarti Anda harus meruntuhkan seluruh bagian ruang tamu atau mengecat ulang dinding ruang tamu. Simak artikel berikut agar Anda mengetahui inspirasi mempercantik ruang tamu rumah tanpa harus melakukan renovasi besar-besaran yang tentunya menguras kantong, tenaga, dan waktu Anda!

  1. Memasang Rak ‘Melayang’

Mungkin istilah rak melayang terdengar asing bagi Anda, namun Anda dapat meneukan furniture tersebut di IKEA, ACE Hardware, dan toko-toko furniture lainnya. Selain indah dilihat dan memberi kesan elegan pada ruang tamu, rak melayang juga cocok untuk dipasang di ruang tamu yang tidak terlalu luas karena rak melayang tidak memakan banyak tempat seperti rak-rak lainnya. Anda bisa memilih bahan rak melayang Anda yang tentunya disesuaikan dengan desain interior bagian rumah Anda yang lain agar tidak terkesan ‘tabrak motif’. Terdapat beberapa bahan utama rak melayang yang bisa jadi pilihan Anda, yaitu kayu jati, rotan, bamboo tipis, besi, alumunium, dan kaca.

  1. Memasang AC di Ruang Tamu

Karena Indonesia adalah negara yang memiliki iklim tropis, perlu bagi Anda untuk memasang AC bukan hanya di kamar-kamar tidur melainkan juga di ruang tamu. Tidak perlu memasang AC dengan PK yang terlalu besar, karena tujuannya bukanlah mendinginkan ruangan sampai membuat orang-orang mengantuk melainkan hanya sebagai penetralisir ruangan yang bersuhu panas akibat udara dari luar. Anda harus menjaga kebersihan AC Anda terlebih AC ruang tamu karena biasanya, ruang tamu berdekatan dengan pintu utama rumah sehingga udara kotor dari luar rumah bisa bebas keluar masuk ruangan. Rutinlah mencuci AC dan mengisi gas Freon bila AC sudah tidak mengeluarkan udara dingin seperti biasa. Anda bisa memanggil service AC Bandung bila rumah Anda berlokasi di kota Bandung, atau jasa service AC lainnya.

  1. Menempatkan Bantal Kecil di Sofa Ruang Tamu

Jadikan tamu Anda senyaman mungkin sehingga mereka menganggap rumah Anda sama nyamannya seperti rumah mereka masing-masing. Anda bisa menempatkan bantal kecil yang empuk dan warna-warni atau yang memiliki motif beragam agar menambah keceriaan dan rasa nyaman pada ruang amu Anda.

  1. Membeli Lukisan atau Pajangan Unik

Lukisan dan pajangan yang unik bukan berarti barang-barang mewah yang dijual dengan harga selangit. Anda bisa memiliki lukisan indah dan pajangan yang unik dari pasar loak yang ada di jalan Sukabumi atau toko antic bekas lainnya. Tentunya dengan harga yang lebih murah namun dengan kualitas yang tetap bagus.

  1. Memasang Kaca Besar di Dinding Ruangan

Kaca, selain berfungsi sebagai pengganti lampu karena memantulkan cahaya, juga berfungsi sebagai pemberi kesan luas pada ruangan. Manfaatkan satu bagian dinding untuk dipasangi kaca sehingga ruang tamu Anda bisa terlihat terang benderang dan luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *