Inilah Manfaat dan Bahaya Sinar UV Bagi Tubuh


Sinar UV atau yang biasa kita sebut dengan nama Sinar Ultraviolet, merupakan bagian dari sinar matahari yang berwujud abstrax atau tidak dapat terlihat langsung oleh mata kita. pada dasarnya sinar UV terbagi kedalam 2 jenis yang masing-masing diantaranya adalah Hampir UV dan UV vakum. Jenis Hampir UV merupakan sinar ultraviolet yang memiliki panjang gelombang antarav 380 – 200 Nm, sedangkan UV vakum berupa sinar ultraviolet dimana ukuran panjang gelombangnya hanya mencapai 200 – 10 Nm.

Terlepas dari semua hal diatas, sebagian besar orang belum banyak yang mengetahui bahwa sinar UV memiliki manfaat yang sangat berguna untuk kehidupan seluruh makhluk hidup di muka bumi, dimana manfaat tersebut diantaranya adalah :

  1. Sinar UV Mengandung Vitamin D Alami

Berasarkan hasil penelitian, vitamin D pada sinar UV sangat diperlukan oleh manusia dikarenakan vitamin tersebut dapat membantu penyerapan zat kalsium dan fosfor pada saat mencerna makanan. Tak hanya sampai disitu saja, masih banyak fungsi dari vitamin D itu sendiri yang diantaranya dapat memperkuat tulang dan gigi, mencegah kanker usus, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menghindari eksim, dan mencegah resiko terkena penyakit kuning.

  1. Sinar UV Dapat Meningkatkan Mood

Ini merupakan salahsatu manfaat yang jarang diketahui oleh orang-orang, dimana sinar UV dapat meningkatkan mood seseorang. Berdasarkan hasil penelitian sinar UV mampu merespon baik kelenjar pineal kedalam otak, untuk memproduksi bahan kimia yang bernama Tryptamines, yang dapat mengubah suasana hati menjadi lebih baik.

  1. Membantu Proses Navigasi Pada Serangga

Dari sekian banyaknya jenis serangga, ada beberapa jenis serangga yang memanfaatkan sinar UV untuk membantu proses navigasi saat mereka akan terbang. Sebut saja beberapa jenis serangga yang menggunakan sinar UV dalam proses navigasinya seperti capung, lalat, nyamuk, dan sebagainya.

  1. Membantu proses Fotosintesis Pada Tumbuhan

Sinar UV juga tak hanya berguna bagi kehidupan manusia dan binatang saja, akan tetapi berguna juga bagi kehidupan tumbuh-tumbuhan. Terbantunya proses fotosintesis pada tumbuhan oleh sinar UV dapat menghasilkan zat karbohidrat, sehingga dengan cepat akan memproduksi zat klorofil, zat alga, dan sebagainya.

Jika ulasan diatas tadi mengenai tentang manfaat dan kegunaan sinar UV, maka dibawah ini adalah ulasan mengenai tentang bahaya dari terkena sinar UV :

Bahaya dari sinar UV

* Bisa menyebabkan terjadinya penyakit kanker kulit

* Dapat menghanguskan kulit

* Merusak kulit wajah yang menyebabkan terjadinya penuaan dini

* Dapat merusak sistem kekebalan tubuh

* Merusak Penglihatan mata

Itulah ulasan tentang manfaat dan bahaya dari sinar UV. Semoga saja ulasan diatas tadi bermanfaat bagi anda, cukup sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *