Hukum Qurban Dalam Islam Tidak Perlu Lagi Diperdebatkan

Qurban adalah kegiatan menyembelih hewan qurban yang dilakukan setelah pelaksanaan sholat idul adha. Berqurban merupakan wujud rasa syukur yang ditunjukkan seluruh umat muslim kepada Allah atas segala karunia dan nikmat yang telah diberikan. Mungkin masih banyak yang bingung, apa sebenarnya hukum qurban itu. Apakah wajib atau sunnah? Ada beberapa ulama yang berpendapat bahwa hukum qurban itu wajib bagi yang memiliki kelapangan harta dan cukup rezeki untuk melakukannya dan bagi umat muslim yang kurang mampu maka gugurlah kewajiban tersebut.

Hukum qurban seharusnya memang diwajibkan bagi umat muslim yang dirasa mampu dalam segi materi. Karena rezeki itu berasal dari Allah dan akan kembali pada Allah. Jika Anda sbagai umat muslim sudah berhasil menggunakan dan mengamalkannya dengan baik, maka harta yang Anda gunakan tersebut akan menjadi tabungan amal Anda di akhirat nanti. Sebelum berqurban ada baiknya Anda mengetahui apa saja persyaratan yang harus dipenuhi agar qurban Anda sah di mata Allah. Hewan yang akan Anda kurbankan harus terbebas dari segala cacat yang terlihat oleh mata. Harus sehat dan tidak boleh ada penyakit. Karena dalam islam, dilarang untuk membunuh hewan atau binatang yang sedang sakit.

Untuk Anda yang ingin membeli hewan qurban jangan menjelang perayaan idul adha, karena stok hewan kurban yang cepat habis atau harganya yang semakin mahal. Carilah jauh-jauh hari sebelum idul adha tiba, jadi Anda memiliki waktu untuk memilih, menabung dan memesan hewan tersebut. Dengan globalqurban.com Anda tidak perlu khawatir karena kualitas hewan qurbannya hampir semuanya terjamin dan terpercaya, harganya juga sangat terjangkau. Bekerja sama dengan lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap, siap melayani Anda yang ingin membantu rakyat miskin, dengan menyumbangkan daging-daging kurban kepada orang-orang yang lebih membutuhkan. Berqurban diyakini dapat mencegah kita dari sifat-sifat yang buruk dan merugikan, seperti sifat tamak, iri hati dan dengki. Karena dengan berqurban kita telah sadar bahwa kita di mata Allah sama, tidak ada kaya dan miskin.

Hukum qurban dalam islam baik sunah maupun wajib menurut pendapat para ulama, sebaiknya dilaksanakan terutama bagi umat muslim yang mampu. Tidak ada ruginya, tidak akan menjadi miskin hanya karena berqurban. Justru Allah akan semakin melancarkan rezekinya kepada Anda dan insha Allah rezeki Anda selalu berkah. Sesungguhnya kenikmatan dunia itu hanya bersifat sementara dan yang abadi adalah di akhirat. Dengan berqurban Anda bisa menabung sebagai bekal saat di akhirat nanti. Amalan baik yang Anda tabung akan menolong Anda terhindar dari siksa api neraka dan siksa kubur. Selamat berqurban dan sumbangkanlah sebagian daging Anda kepada rakyat yang lebih membutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *