Fakta Unik Tentang Debat perdana Capres Pilpres 2019 Menurut Para Tokoh Politik

Debat perdana capres Pilpres 2019 antara pasangan 01 Jokowi – KH. Ma’aruf Amin dan Prabowo – Sandiaga Uno telah berlangsung semalam kamis (17/1/2019). Kedua capres dan cawapres tersebut beradu visi, misi, dan pendapat atas pertanyaan debat yang mengusung penegakan hukum, HAM, korupsi, dan terorisme. Nah, berbicara berita pilpres 2019, berikut di bawah ini ada beberapa fakta unik tentang debat perdana Capres Pilpres 2019 menurut para tokoh politik :

  1. Skor 3 – 1

Tim kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo – Ma’aruf Amin, menyatakan bahwa paslon presiden nomor urut 01 itu lebih unggul daripada paslon Presiden urut nomor 02 yakni Prabowo Subianto – Sandiaga Uno. Penasihat TKN Jokowi – Ma’aruf Amin yakni Romahurmuziy atau yang bisasa disapa Romi, yang menilai bahwa paslon presiden urut 01 jauh lebih unggul dari Prabowo Subianto – Sandiaga Uno dalam debat perdana pemilihan presiden 2019. Pertama, Romi mengklaim bahwa Jokowi sangat unggul ketika mengajukan pertanyaan tentang isu gender di kepengurusan partai Prabowo yakni Partai Gerindra.

“ Tentang gender dihubungkan dengan komitmen Prabowo dalam kepengurusan partainya ternyata tidak seisi dengan visi-misinya “ ungkap Romi kepada pers Jumat (17/1/2019). Kedua, Romi menyatakan bahwa Jokowi unggul dari Prabowo saat sesi pertanyaan isu korupsi. Menurutnya, komitmen anti korupsi berbanding terbalik dengan kader Partai Gerindra yang mencalonkan 6 eks terpidana korupsi. “ Ternyata ketika mencalonkan caleg eks terpidana korupsi, ternyaa banyak dari partai Gerindra. Kita lihat Prabowo sempet kehilangan keseimbangan dengan gimmick menari yang memperlihatkan seperti salah tingkah “ tambah Romi kepada pers.

Ketiga, Romi juga menyatakan bahwa Jokowi menang telak dari Prabowo saat mengangkat isu kepastian hukum. Ia menilai Prabowo kalah karena saat menanyakan kepastian hukum, Sandiaga Uno hanya menjawab isu ekonomi. “ Ketika ditanya kepastian hukum selalu dijawab ekonomi oleh Sandi. Saya kita masyarakat gak perlu bingung untuk pilih siapa lagi “ tutur Romi.

  1. Perasaan SBY

Ruhut Sitompul sebagai mantan politisi Partai Demokrat, yang mengaku tahu isi hati Ketum SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) yang tidak menghadiri debat perdana pilpres 2019. “ Saya tahu bagaimana perasaan Pak SBY dan kenapa beliau tidak hadir. Karena itu, gesture, mimic itu enggak bisa dibohongi “ tutur Ruhut di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (17/12019). Di samping itu Ruhut juga menilai bahwa SBY terlihat setengah hati mendukung capres 02 (Prabowo – Sandiaga Uno). “ Itu dari saya, kata-kata setengah hati. Tegas saya katakana, setengah hati. Jadi kalau orang bilang dua kaki, enggak. Dia setengah hati mendukung Prabowo – Sandi “ tambah Ruhut. Tak hanya itu saja, Ruhut juga meminta anak buah SBY untuk tidak berusaha menjadi tameng. Dia mengungkit video SBY ditinggalkan Prabowo demi bersalaman dengan seorang warga Negara asing.

“Untuk itu saya ingatkan adik-adik saya kalian cari pembenaran jangan kebangetan. Kasihan pak SBY, jelas kok. Seolah mereka menuduh dari kami, itu dari TV, wartawan. Kalian-kalian juga. Seolah kita buat-buat film, tidak ada dari kita “ tutur Ruhut.

  1. Eric Tohir Soal Pelukan

“ Saya kira pujian pak Jokowi terhadap pak Prabowo bukan verbalisme. Tetapi ketika belum saatnya harus datang merangkul, beliau datang menyalami dan merangkul “ ujar Eric Tohir kepada pers.

Itulah beberapa unik mengenai debat perdana pilpres 2019, yang semoga saja bisa kita jadikan sebagai bahan renungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *