Dapatkan Gaya Hidup Sehat Di Swing Yoga

Selain acroyoga, ada jenis yoga lain yang kini banyak diminati, swing yoga namanya. Ada pula yang menjulukinya floating yoga. Sesuai dengan namanya, jenis olah raga ini memiliki alat bantu semacam swing (ayunan) yang didesain khusus untuk menopang badan, tangan, dan kaki, sambil terus melakukan gerakan yoga. Tampak seperti “melayang”, bukan?

Meskipun swing yoga mulai masuk ke Indonesia sejak empat tahun terakhir, tetapi di kota-kota besar jenis olah raga ini mulai populer sejak lima hingga enam bulan terakhir. Swing yoga semakin populer karena memiliki daya tarik dibandingkan dengan jenis yoga yang lain, yaitu memiliki alat bantu. Hal tersebut mempermudah pemula untuk belajar.

Swing yoga merupakan aktivitas fisik gabungan antara TRX sling, yoga, pilates, dan gymnastic. Menggunakan swing yang terdiri atas dua handle dan satu ayunan, swing yoga dilakukan antara satu hingga satu setengah jam per sesi. Durasinya per minggu disesuaikan dengan kebutuhan. Akan tetapi, dilakukan satu kali setiap minggu pun tidak masalah.

Untuk pemula, biasanya instruktur mengajarkan pose-pose yang simpel. Misalnya, standing tadasana. Terlihat simpel, tetapi orang yang tak terbiasa melakukan yoga akan lebih sulit melakukannya. Meskipun demikian, pose tersebut dipercaya bisa mengencangkan panggul sampai dengan paha.

Yoga berasal dari kata Sanskerta yaitu yuj. Maknanya adalah mempersatukan. Interpretasi modern mengenai yoga adalah mempersatukan tubuh, pikiran, dan jiwa melalui metode pernapasan, gerakan, serta konsentrasi. Pengetahuan yang berasal dari India ini kemudian menyebar ke seluruh dunia untuk digunakan sebagai terapi kesehatan dan kecantikan.

Ada banyak manfaat yoga, terutama swing yoga. Jika dilakukan secara teratur, swing yoga bisa memberikan khasiat seperti melenturkan badan, menjaga fleksibilitas tulang dan badan, sampai menjadi terapi bagi orang yang menderita skoliosis (kelainan tulang belakang), dan beberapa penyakit tulang lain. Swing yoga juga dipercaya bisa menjaga kebugaran tubuh, meningkatkan vitalitas, melancarkan sirkulasi darah, memperkuat jaringan otot, serta mengatasi stres.

Swing yoga juga memiliki manfaat untuk menurunkan dan menjaga berat badan, serta anti-aging. Sudah banyak pesohor Hollywood yang melirik swing yoga sebagai olah raga rutin mereka. Sebut saja host terkenal Ellen Degeneres, penyanyi kontroversial Lady Gaga, Ricky Martin, dan Madonna. Sanaa halnya dengan selebriti dalam negeri yang sering kali memamerkan pose mereka saat beraksi dengan swing hammock, seperti Agnes Monica, Luna Maya, dan Andien.

Di antara banyaknya orang yang berlatih swing yoga, mayoritas berasal dari kalangan anak muda. Mungkin karena ini sangat fun, meskipun ada juga orang dengan usia paruh baya yang berlatih. Tak heran, swing yoga bahkari disebut-sebut mengalahkan tren acroyoga di tanah air.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *