Coworking Indonesia, Wadah Baru Untuk Startup dan Freelancer

Freelancer Indonesia – Profesi Freelancing di Indonesia sudah mulai diminati banyak kalangan dan menciptakan lapangan kerja baru setiap harinya. Terlebih profesi ini memberikan ruang  yang fleksibel dan leluasa bagi pekerjanya, dengan biaya yang sangat terjangkau dan hanya memerlukan ruang kerja efisien sesuai keinginan.

Sudah banyak situs marketplace yang menyediakan tempat bertemunya freelancer dengan contractor seperti Freelancer, Sribulancer, Project.co.id, Guru,com, dan lainnya. Namun belum ada situs yang mampu menampung komunitas freelancing  yang menyajikan informasi berbasis koneksi antar komunitas.

Sebuah poros perkumpulan komunitas dari banyak komunitas startup dan freelancer Indonesia bernama Coworking Indonesia tercetus di Bali pada konferensi Coworking Indonesia 2016, yang merupakan bagian dari Coworking Unconference Asia, Februari lalu. Sebagai ketuanya, Faye Alund, menyatakan bahwa gagasan ini tercipta dari kebutuhan akan koneksi di tiap startup dan freelancer Indonesia, serta interaksi komunitas untuk mendapatkan input baru yang kreatif dan berbeda.

Selain memberikan wadah bagi komunitas startup dan freelancer Indonesia untuk saling berbagi dan memberikan masukan atau bertukar informasi dan hiring freelancer, Coworking Indonesia juga menempatkan pertumbuhan kewirausahaan dan ekonomi masyarakat Indonesia sebagai tujuan utama. Hal ini dinyatakan sebagai gerakan menghadapi naiknya pencari kerja freelancing dari tahun ke tahun serta bertambah banyaknya bisnis yang membutuhkan tenaga freelancer sebagai bagiannya. Dan juga untuk menghadapi persaingan dunia digital yang semakin dinamis.

Faye menambahkah bahwa coworking space berkonsentrasi pada penggabungan informasi untuk menciptakan inovasi, sehingga wadah ini merupakan pendorong bagi mereka, para wirausahawan, startup, dan freelancer Indonesia untuk meningkatkan kemitraan dan kerja sama dengan sesama pelaku coworking space.

Hal serupa diungkapkan salah satu founder Coworking Indonesia, Dian Hasan. Ia menyebutkan bahwa komunitas startup dan freelancer Indonesia yang tersebar patut disatukan dan dihubungkan. Sehingga input ide-ide baru bermunculan, dan jangkauan pengetahuan semakin luas.

“Kami (Coworking Indonesia) adalah connectors, penghubung komunitas yang berpikiran sama dan percaya terhadap kekuatan kewirausahaan akan menghadirkan dampak besar bagi masyarakat, melalui kolaborasi dan berbagi pengetahuan,” terangnya pada konferensi pers Senin (15/8/2016) di Conclave, Jakarta Selatan.

Selain bisa mendapatkan teman berbagi pengetahuan baru, situs ini juga menjadi tempat para profesional di bidang freelancing membagi ilmu dan pengalamannya. Bisa dikatakan situs ini menjadi pool of resources yang langka dan menggiurkan untuk para pelaku bisnis dan freelancer Indonesia. Bisa berbagi bermacam keahlian, bertanya dan berdiskusi.

Member komunitas startup dan freelancer Indonesia bisa bergabung dan mendaftar dengan cara mengakses ‘tempat nongkrong’ ini lewat tautan www.Coworking.id.  Disana disajikan pilihan Join, apakah sebagai Representatif atau sekedar enthusiast. Selanjutnya, tinggal mengisi nama coworking space atau komunitas startup yang diikuti beserta lokasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *