Capoeira, Paduan Olahraga Beladiri dan Kesenian

Capoeira bukan sekedar olahraga beladiri, tetapi juga kesenian. Di samping teknik yang bisa mematikan, ia juga harus kelihatan indah. Estetika dalam Capoeira juga diperkaya dengan dimainkannya alat musik khas Capoeira. Ada berimbau (busur musik), agogo, pandeiro. alabaque, dan reco-reco. Aksi capoeira dilakukan dalam lingkaran yang disebut roda. Saat itulah musik dimainkan dan lagu dinyanyikan.

Mereka yang berhadap-hadapan di dalam roda pun dalam Capoeira bukan dipandang sebagai lawan tanding, tetapi teman. Capoeira sendiri artinya rumput rendah. Lebih jauh artinya Capoeirista tidak boleh sombong, menghormati orang dan menghindari permusuhan.

Capoeira diyakini pertama muncul pada abad ke-16. Namun, ada dua teori di mana capoeira lahir. Teori pertama capoeira lahir dari budak-budak Angola di Afrika. Namun, teori ini kurang meyakinkan. Kalau memang asli Afrika, kenapa capoeira justru tidak berkembang di Afrika.

Teori kedua menyebutkan Brazil sebagai asal-muasal capoeira. Diciptakan oleh budak-budak dari berbagai wiayah Afrika. Di sana tarian, pertarungan dan alat musik bersintetis dan menemukan bentuknya yang baru, yakni capoeira.

Untuk menghindari hukuman, para budak menyamarkan gerakan-gerakan ilmu beladirinya ke dalam tarian yang diiringi oleh musik alami. Capoeira memiliki mobilittas yang tinggi guna menghindari serangan. Capoeira mencakup nomor-nomor tendangan akrobatik, pukulan dan loncatan sambil memutarkan badan. Teknik tendangan “carlwheel tercipta karena para budak seringkali dirantai pergelangan tangannya agar tidak melarikan diri.

Pada awal perkembangannya capoeira merupakan olahraga beladiri yang agresif. Ini semakin menjadi-jadi sejak pembebasan budak tahun 1888 karena banyak capoeira direkrut oleh para tuan tanah sebagai tukang pukul atau membentuk  geng kriminal. Maka, tahun 1892 copoeira dilarang oleh pemerintah Brazil.

Pada masa inilah capoeira mulai memiliki dua nama guna menghindari operasi aparat keamanan. Tahun 1937 larangan itu dicabut oleh Presiden Getulio Vargas dan capoeira ditetapkan sebagai olahraga nasional Brazil.

Hal pertama yang dipelajari seseorang yang mulai menekuni Capoeira adalah Ginga. Ginga adalah dasar gerakan dalam Capoeira. Kaki diputar kesana kemari. Kelihatannya mudah, tapi ginga  menuntut kelenturan tubuh. Asal tahu saja, kurang lebih butuh enam bulan untuk melakukan ginga dengan enak.  Untuk menjadi pelaku Capoeira atau Capoeirista, seseorang harus mengikuti proses inisiasi bernama Batizado. Di situ ia diuji dan bila lulus berhak memperoleh corda (ikat pinggang) hitam.

Sampai kini ada tiga aliran capoeira. Angola yang dikembangkan Mestre Pastinha (1889-1974), Regional yang dikembangkan Mestre Bimbo (1899-1974) dan Atual, gabungan dua aliran sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *