Bisnis Warung Kopi Ibu Rumah Tangga

Terdengarnya mungkin sederhana, warung kopi. Tetapi jangan salah, warung kopi ini merupakan peluang usaha rumahan yang menjanjikan. Jika mereguk keuntungan yang manis terus menerus, tentunya bisa dikembangkan menjadi café atau membuka cabang café dengan menyewa lokasi di tempat umum seperti di mal atau ruko.

Jam operasional warung kopi bisa beragam, tergantung kebutuhan dan tergantung kebiasaan lingkungan sekitar. Bisa saja warung kopi buka 24 jam, disertai dengan jajanan lain seperti pisang goreng, tahu goreng, dan makanan goreng-gorangan lainya dan juga mi instan. Namun bila Anda memiliki waktu terbatas, tentunya bisa disesuaikan dengan waktu yang ada. Misalnya mulai dari sore hingga malam hari. Tetapi bila memang ingin buka dari pagi hingga malam atau pun buka 24 jam tentunya bisa merekrut penjaga untuk melayani di warung kopi.

Kopi kini menjadi minuman yang cukup bergengsi. Hal ini membuat bisnis ini banyak dilirik jika memang menggunakan bahan baku kopi terbaik, tak hanya sekedar kopi dalam kemasan. Bila Anda sanggup menyajikan kopi dengan rasa yang khas tentu bisa menarik pengunjung dari mana-mana.

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam membuka warung kopi sebagai Bisnis rumahan ibu rumah tangga.

Lokasi

Salah satu faktor yang menentukan sukses tidaknya suatu usaha adalah lokasi. Termasuk usaha warung kopi. Semakin strategis posisi, tentu orang akan semakin mudah mengunjungi. Jadi bila rumah Anda memiliki posisi yang strategis, manfaatkan bagian depan atau sampingnya untuk mendirikan warung kopi. Jika memang perlu, sewa tempat di lokasi yang strategis seperti di sekitar tempat kos, perkantoran, mal atau pusat keramaian lainnya. Buat warung kopi senyaman mungkin. Anda bisa menambahkan pendingin ruangan dan desain interior dengan tema tertentu. Bisa juga menyesuaikan tema warung kopi dengan target pasar yang dituju. Misalnya nuansa sepak bola, sehingga nyaman untuk para penggila sepakbola nonton bareng.

Fasilitas Tambahan

Selain kopi yang enak atau memiliki rasa yang khas, Anda bisa menambahkan fasilitas lain yang dapat memikat pengunjung. Beberapa fasilitas tersebut bisa berupa jaringan WiFi, televisi, radio, pemutar musik, game, buku-buku dan lain-lain.

Promosi

Warung kopi Anda mungkin lebih bersifat modern, sehingga bisa dipromosikan semenarik mungkin. Apalagi jika memiliki fasilitas yang lengkap. Anda bisa membuat brosur, selebaran atau pun membuat promosi di media sosial seperti Twitter, Facebook atau pun Instagram. Buat kuis-kuis menarik yang bisa membuat orang menyebarkan informasi mengenai warung kopi Anda. Bisa juga memberikan diskon atau pun hidangan sambutan bila pengunjung menyebarkan informasi mengenai warung kopi Anda di akun media sosial mereka. Ketentuannya bisa dengan memotret produk yang dia pesan sambil diunggah ke media sosial, lengkap dengan akun media sosial warung kopi Anda. Dengan demikian orang tertarik untuk mencari tahu.

Izin Usaha

Bila skala usaha warung kopi Anda sudah termasuk ukuran besar, maka Anda perlu membuat izin usaha agar tak bermasalah di kemudian hari.

Makanan

Kendati namanya warung kopi, tentu pengunjung lebih suka bila ada makanan baik itu hidangan besar atau pun cemilan yang menjadi teman minum kopi. Anda bisa menyiapkan berbagai menu makanan dan cemilan seperti keripik, gorengan dan lain-lain.

Pelayanan

Nah, bila Anda mengerjakan sendiri warung kopi ini, tentu tak sulit untuk memberikan pelayanan yang ramah pada para pengunjung. Namun bila perlu merekrut pegawai, pastikan mereka selalu memberikan pelayanan yang maksimal atau pun ramah terhadap pelanggan. Bila pelanggan senang, pasti akan mengajak teman untuk berkunjung ke tempat nongkrong favorit mereka.
Jadi sudah siapkah Anda membuka usaha warung kopi? Semoga sukses ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *