Beberapa Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi

Jika ditilik dari struktur kimia, kolesterol merupakan senyawa lemak komplek yang diproduksi oleh hati yakni sebanyak 80 persen dari kolesterol total serta sisanya 20 persen adalah dari makanan. Kolesterol sendiri sebenarnya sangat diperlukan dalam berbagai metabolisme dalam tubuh, misalnya saja kolesterol dibutuhkan untuk bahan pembentuk dinding sel, untuk membuat vitamin D, membuat asam empedu hingga pembuatan hormon seks. Namun kadar kolesterol yang tinggi akan menimbulkan timbunan plak yang bisa menghambat laju aliran darah yang akan mengakibatkan stroke hingga serangan jantung. Salah satu penyebab kolesterol tinggi adalah makanan, lantas apa saja makanan penyebab kolesterol tersebut? Simak ulasan singkat berikut ini.

Contoh makanan penyebab kolesterol tinggi

Banyak faktor yang menyebabkan kolesterol tinggi dalam darah, yakni herediter, usia serta jenis kelamin, gangguan empedu dan hati, hipotiroid, gangguan pencernaan, kurang oleh raga hingga berat badan yang berlebih atau obesitas. Dan seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa kolesterol tinggi akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh, pasalnya kadar kolesterol yang berlebih akan menyebabkan penumpukan kolesterol di dinding pembuluh darah dan akan menyebabkan tersendatnya aliran darah yang bisa menyebabkan terjadinya stroke serta serangan jantung. Berikut beberapa contoh makanan penyebab kolesterol tinggi yang perlu anda perhatikan.

Salah satu contoh makanan penyebab kolesterol tinggi adalah makanan yang banyak mengandung santan. Hal tersebut dikarenakan santang mengandung kolesterol 185 mg /10 gram, selain itu jika anda tak ingin kadar kolesterol tinggi sebaiknya jangan mengkonsumsi gajih babi, pasalnya dalam gajih babi mengandung 200 mg / 10 gram kolesterol. Makanan yang merupakan penyebab kolesterol tinggi yang lainnya adalah susu sapi, karena dalam susu sapi mengandung 250 mg / 10 gram kolesterol. Contoh makanan pemicu kolesterol tinggi yang lainnya adalah susu sapi cream yang mengandung 280 mg / 10 gram kolesterol.

Contoh makanan penyebab kolesterol tinggi yang lainnya adalah margarin atau mentega yang mengandung 300 mg kolesterol per 10 gram. Selain itu, jika tak ingin kolesterol naik sebaiknya hindari mengkonsumsi jeroan sapi, pasalnya pada jeron sapi terkandung 380 mg / 10 gram kolesterol. Begitu juga dengan jeroan babi, makanan tersebut sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi karena makanan tersebut sangat tinggi kolesterol yakni 420 mg / 10 gram.

Makanan penyebab kolesterol tinggi yang lainnya adalah jeroan kambing, jika tak ingin kadar kolesterol dalam tubuh naik maka sebaiknya menghindari mengkonsumsi jeroan kambing karena dalam jeroan kambing tersebut terkandung kolesterol sebanyak 610 mg / 10 gram. Makanan lain yang bisa mengakibatkan kolesterol naik adalah cumi-cumi, yakni sebanyak 1170 mg / 10 gram. Lalu apakah solusi yang paling alami untuk menurunkan tumpukan kolesterol di tubuh Anda? Minumlah Jamkho yang bisa didapatkan di www.AhliKolesterol.com. Demikian informasi ini, semoga bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *