5 Tingkatan Level Seorang Programmer

Sekarang ini bekerja disektor IT menjadi salah satu profesi idaman bagi banyak orang. Bagaimana tidak, orang yang menduduki peringkat 10 besar orang kaya dunia kebanyakan adalah orang yang berkecimpung didunia IT, beberapa diantarnya adalah Bill Gates pendiri Microsoft dengan produk andalannya adalah windows, Steve Jobs dengan MacOsnya, Mark zuckerberg dengan facebooknya, Jack Ma dengan Alibabanya dan masih banyak lagi yang lain. Itulah salah satu mengapa bidang IT semakin hari semakin banyak peminatnya.

Pekerjaan dibidang IT tidak hanya 1 atau 2 jenis saja, tapi sangat banyak sekali. Beberapa diantaranya yang bisa saya sebutkan adalah jaringan computer, sistem keamanan, sistem analisis, programmer dan masih banyak lagi. Nah kali ini saya akan membahas salah satu bidang IT yang cukup banyak peminatnya, yaitu Programmer. Programmer sendiri masih dipisah pisah berdasarkan bahasa pemrogramman yang difokuskannya, karena hampir tidak mungkin seorang programmer mampu menguasai semua bahasa pemrograman. Sebab bahasa pemrograman banyak sekali, bahkan bisa hingga puluhan sampai ratusan.

Untuk mendalami pemrograman tentu tidak bisa secara instan, kita harus melewati terlebih dahulu level sebagai seorang programmer, mulai dari newby hingga bisa menjadi expert. Berikut ini level seorang programmer yang perlu kalian ketahui.

ketelitian

1). Novice Programmer – Programmer Level Pemula

Ketika anda berniat menjadi programmer, maka tingkatan level seorang programmer yang tidak mungkin terlewatkan adalah Novice. Tingakatan ini merupakan tingkatan terendah atau paling awal bagi seorang programmer. Biasanya seorang yang masih dalam tingkatan ini, masih bingung menjalankan suatu program dan pemahannya masih sangat sedikit.

2). Advance Beginner

Level seorang programmer selanjutnya adalah advance beginner. Yang artinya memiliki tingkatan sedikit lebih tinggi dari novice programmer. Seorang yang sudah berada pada level ini, biasanya sudah mulai bisa mengedit suatu program terentu.

3). Competent Programmer

Yang menjadi salah satu ciri bahwa seorang sudah mencapai level competent adalah biasanya sudah mulai bisa melakukan troubleshooting terhadap suatu program.

4). Proficent Programmer

Ketika akan menjadi expert atau master maka seorang programmer akan melewati level seorang programmer yang satu ini. Seseorang yang mencapai level ini, sudah memiliki wawasan dan pengalaman yang lumayan banyak. Tanpa menjalankan sebuah kode program, dirinya sudah bisa menemukan kesalahan kode atau debugging.

5). Expert Programmer – Seorang Master Programming

Jika anda memang programmer sejati, tentunya ingin sekali mencapai titik paling puncak level seorang programmer. Dan expert programmer inilah yang menunjukkan bahwa dirinya seorang programmer sesungguhnya. Karya-karya yang diciptakannya banyak membantu dunia teknologi, bahkan sudah bisa membuat tool untuk mempermudah pekerjaan dalam berkoding.

Itulah beberapa skill level seorang programmer, jika anda seorang programmer. Sudah dilevel berapakah skill yang anda miliki ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *