5 Manfaat Olah Raga Memanah yang Harus Anda Ketahui

Memanah barangkali olah raga yang tergolong kalah pamor di Indonesia dibanding olah raga lain seperti sepak bola atau bulutangkis. Walau sebenarnya, kudu di ketahui nih, olah raga memanah ialah satu diantara olah raga yang disunahkan oleh Rasulullah SAW. Ini berdasar pada cerita dari Uqbah bin Amir Al Juhani yang senantiasa rajin berlatih memanah, namun Abdullah bin Zaid yang temaninya merasakan jenuh karena sangat rajinnya Uqbah berlatih.

Lantas Uqbah berkata, “Saya telah mendengar beliau bersabda, ‘Sesungguhnya Allah ‘azza wa jalla akan memasukkan tiga orang ke dalam surga lantaran satu anak panah; Orang yang saat membuatnya mengharapkan kebaikan, orang yang menyiapkannya di jalan Allah, serta orang yang memanahkannya di jalan Allah.” Beliau bersabda, “Berlatihlah memanah dan berkuda. Dan jika kalian memilih memanah maka hal itu lebih baik daripada berkuda.” (HR. Ahmad, 16699).

Nah sesudah Anda  tahu saran Rasulullah untuk berlatih memanah, mudah-mudahan Anda terpacu untuk dapat memanah. Agar motivasinya semakin kuat, di bawah ini disajikan berbagai faedah/manfaat olah raga memanah yang perlu Anda kenali!

  1. Tingkatkan keseimbangan

Buat yang bermasalah dengan keseimbangan serta kesinkronan, dapat coba memanah. Lantaran olah raga memanah melatih koordinasi kemampuan otot serta otak. Cerebellum yang ada dibagian belakang otak bakal mengirimkan tanda pada otot untuk melindungi keadaan badan agar seimbang. Waktu melepas anak panah pun melatih kita untuk dapat mengontrol badan dengan baik.

  1. Melatih koordinasi

Waktu memanah, koordinasi pada anak panah, mata, core serta upper body, dan tangan mesti terkoordinasi.

  1. Melatih konsentrasi serta daya tahan

Agar dapat memanah pada sasaran, badan mesti dalam posisi paling baik. Dengan memanah, otak dilatih untuk konsentrasi meraih tujuan. Dalam soal ini, sisi lobus frontal otak yang dimaksimalkan. Makin lama sisi otak ini dilatih, semakin buat kita lebih gampang untuk berkonsentrasi.

  1. Melatih kesabaran

Tidak hanya memancing menunggu ikan yang dapat melatih kesabaran kita, memanah pun dapat melatih kesabaran, lantaran kita tidak dapat asal cepat mencapai sasaran, namun yang lebih utama ialah meraih sasaran dengan presisi.

  1. Menyingkirkan stres

Waktu melepas anak panah, memperhatikan anak panah itu melayang, serta waktu anak panah itu meraih sasaran, dapat jadi pembasmi stres.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *