5 makanan penurun darah tinggi

Makanan penurun darah tinggi kini sangat penting untuk anda konsumsi. Baik bagi anda yang menderita penyakit darah tinggi, maupun bagi anda yang tidak ingin terkena penyakit tekanan darah tinggi. Penaykit tekanan darah tinggi adalah penyakit yang dapat mengakibatkan komplikasi penyakit yang fatal apabila tidak segera ditangani dengan cepat. Penyakit darah tinggi adalah gerbang utama untuk menuju ke berbagai penyakit kronis lainnya seperti penyakit jantung, serangan jantung hingga penyakit stroke.

Berikut ini akan diulas mengenai 5 makanan penurun darah tinggi yang wajib untuk anda ketahui.

  1. Gandum

Gandum adalah pilihan makanan yang sangat baik sebagai pengganti nasi. Apabila anda mengkonsumsi gandum secara rutin maka gandum akan memberika manfaat yaitu menurunkan tekanan darah tinggi yang sedang anda derita.

  1. Sayuran hijau

Sayyuran hijau seperti bayam dan brokoli adalah sumber kalium yang baik. Sehingga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Selain termasuk sayuran hijau yang rendah kalori, tinggi serat dan mengandung nutrisi seperti magnesium, potassium dan folat sebagai bahan untuk memnurunkan tekanan darah tinggi. Selain bayam dan brokoli, sayuran hijau lain seperti seledri juga dapat digunakan sebagai penurun tekanan darah tinggi.

  1. Buah – buahan segar

Buah seperti alpukat, tomat, pisang dan mengkudu dapat dijadikan sebagai makanan penurun darah tinggi yang dapat anda konsumsi setiap hari. Anda dapat menjadikan buah – buah segar penuh nutrisi tersebut sebagai jus dengan gula rendah kalori tropicana untuk anda minum secara rutin setiap hari untuk menurunkan dan mencegah penyakit darah tinggi.

  1. Susu skim

Merupakan susu rendah lemak yang kaya akan vitamin D dan kalsium yang memiliki peran penting di dalam menjaga tekanan darah agar tetap berada pada kondisi yang stabil.

  1. Bawang putih

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa bawang putih dapat mencegah pembekuan darah, penebalan pembuluh darah dan menghilangkan penyumbatan pada jantung. Selain itu bawang putih juga dapat digunakan sebagai alternatif menurunkan tekanan darah tinggi. Jadi anda jangan ragu untuk sellau menggunakan bawang putih pada masakan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *