4 Obat Alami Untuk Mengatasi Batuk Berdahak

Walaupun bisa dibilang sebagai penyakit yang tergolong ringan akan tetapi saat mengalami penyakit batuk tentunya tidak nyaman dan sangat mengganggu. Untuk jenis batuk sendiri bisa berupa batuk yang berdahak atau batuk kering. Keduanya memiliki pengobatan yang berbeda yang disesuaikan dengan jenis batuknya. Akan tetapi ketika menggunakan bahan alami anda sudah bisa melakukannya dengan mudah.

Dari berbagai obat batuk berdahak alami yang bisa dipilih, ada berbagai alternatif yang bisa dipilih, yang diantaranya yaitu sebagai berikut.

  1. Campuran rebusan daun sirih. Rebusan dari berbagai campuran rebusan daun sirih bisa digunakan sebagai obat batuk berdahak. Rebusan yang terdiri dari lima lembar daun sirih, kemukus, kayu manis, cengkeh, dan kapulaga direbus dalam dua gelas air. Rebus semuanya sampai airnya mendidih sampai menjadi satu gelas air. Kemudian saring airnya dan minum tiga kali sehari satu sendok makan.
  2. Gunakan daun kemangi. Wangi baru yang dimiliki daun kemangi bisa dipilih sebagai obat alami batuk berdahak. Untuk membuat obat ini juga mudah yaitu dengan menyiapkan 2 sampai 3 lembar daun kemangi dalam 1-2 gelas air. Ramuan daun kemangi ini sangat pas diminum sangat hangat untuk bisa menghangatkan tenggorokan.
  3. Gunakan campuran madu dan lada putih. Campuran bahan madu dengan lada putih jika dilihat sekilas mungkin akan menimbulkan rasa yang aneh. Akan tetapi campuran kedua bahan ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan terutama dalam mengatasi batuk berdahak dan bisa juga menjadi obat batuk kering yang terjadi.
  4. Minum air putih hangat. Ini adalah cara paling mudah dalam meredakan batuk yang berdahak. Minum air hangat bisa menjadikan dahak menjadi lebih mudah dikeluarkan dari kerongkongan.

Selain ke empat cara di atas terdapat juga cara lainnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi batuk yang berdahak, misalnya dengan menjaga kebersihan mulut atau gigi dengan rajin menggosok gigi. Selain itu hindari juga mengkonsumsi gorengan, konsumsi gula berlebih, dan juga hindari minum-minuman dingin. Cara hidup sehat yang diterapkan bisa juga sebagai cara mengatasi batuk berdahak yang mengganggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *