4 Kesenian Indonesia yang Mendunia

Indonesia memiliki berbagai macam budaya serta kesenian yang sangat beragam. Mulai dari berbagai seni tari, benda pusaka, alat music, serta bebagai kesenian lainnya. Pada perkembangannya, ternyata budaya dan seni yang berasal dari Indonesia ini terus semakin dikenal oleh manca Negara.

Berikut beberapa kesenian Indonesia yang mendunia:

  1. Wayang

Seni ini, terdapat 3 jenis. Ada wayang golek, wayang orang, dan wayang kulit Indonesia. Kesenian wayang ini, ketika tahun dekade pada masa awal televise sedang ramai di Indonesia, adalah salah satu tontonan favorit. Bukan hanya di Indonesia, tetapi juga ternyata kesenian ini sudah di kenal oleh masyarakat dunia sebagai salah satu kesenian Indonesia yang unik. Sama halnya seperti teater, yang menceritakan sebuah kisah layaknya sinetron dan juga drama. Namun berbagai pemerannya, tentu adalah wayang. Namun adapula manusia yang diberikan dandanan seperti wayang. Kendati demikian, perbedaan wayang orang dengan teater yakni dari segi pakaian serta alur cerita.

  1. Angklung

Selain wayang, salah satu kesenian Indonesia lainnya yang mendunia adalah angklung. Alat music yang terbuat dari bambu ini, memiliki suara yang unik dan nyaman di dengarkan. Dalam alat music angklun ini, setiap angklung memiliki nada yang berbeda dan unik untuk dibunyikan. Biasanya, setiap para pemain angklung hanya memegang beberapa suara, dan dimainkan secara bersamaan.

  1. Keris

Salah satu benda yang paling kental dengan budaya Indonesia, adalah keris. Saat ini banyak sekali para kolektor yang senang dengan salah satu benda seni ini. Pada zaman dahulu, keris selain sebagai senjata tajam yang digunakan untuk berburu maupun sebagai perlawan, juga dijadikan sebagai benda keramat yang diagung agungkan di beberapa daerah.

  1. Tari Kecak

Kesenian tari yang paling terkenal di Indonesia adalah tari dari bali yakni tari kecak. Seni tari ini terkenal dikarenakan bali adalah salah satu tempat wisata favorit di Indonesia. Banyak sekali wisatawan asing maupun dunia ingin berkunjung ke bali. Selain ingin menikmati wisata alamnya, tentu juga ingin menikmati keindahan seni dan budayanya. Oleh karena itu, tari kecak ini adalah salah satu kesenian tari yang paling dikenal di Indonesia hingga dunia.

Selain kesenian tersebut, tentu masih banyak lagi berbagai budaya Indonesia lainnya yang mendunia. Oleh karena itu, tentu sebagai bangsa Indonesia, kita harus menjaga serta melestarikan budaya kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *