4 Alasan Ini Penyebab Wanita Mau Berolahraga

Umumnya, warirta melakukan olahraga dengan alasan ingm mendapatkan tubuh yang indah. Tentu saja, Anda bisa mendapatkan tubuh indah dengan berolahraga. Tetapi, sesungguhnya masih banyak alasan mengapa olahraga itu penting bagi mereka. Lantas, apa saja alasan penyebab wanita mau berolahraga.

Selain karena ingin mendapatkan tubuh yang indah, berikut ini 4 alasan penyebab wanita mau berolahraga:

  1. Untuktetap Kuat

Semakin bertambah usia, semakin banyak massa otot dalam tubuh kita yang hilang. Memang, itu adalah hal yang alami, sesuai dengan proses penuaan. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa sesungguhnya hal tersebut lebih banyak disebabkan oleh tidak aktifnya tubuh dan bukan karena proses penuaan semata. Menurut penelitian dari Medical Sciences University of Arkansas, AS, wanita yang tidak melakukan latihan olahraga, kehilangan sekitar 2-3 kg otot pada setiap dekade, mulai dari usia 20tahun.

Olah raga juga merupakan sarana untuk memperlambat proses penuaan. Kuat-tidaknya kemampuan otot yang dimiliki wanita, berkaitan langsung dengan kemampuannya melakukan aktivitas sehari-hari. Jika kemampuan ototnya kuat, maka ia otomatis akan merasa (dan terlihat) lebih muda. Misalnya, dengan punggung tegak dan jalan yang mantap.

  1. Untuk Menjaga Berat Badan

Seiring dengan bertambahnya usia, bertambah pula jumlah persentase lemak tubuh, dimulai dari sekitar 23 persen di usia 20-an, hingga 43-45 persen di usia 60. Semakin bertambahnya jumlah persentase lemak tubuh maka bertambah juga resiko untuk terkena serangan jantung, tekanan darah tinggi, dan juga diabetes.

Diet bukanlah merupakan solusi utamanya. Anda juga perlu olahraga, yaitu gabungan antara olahraga yang membakar lemak seperti aerobik (termasuk jalan dan lari) dan olahraga pembentuk otot (olahraga yang pakai beban). Jumlah yang dianjurkan untuk olahraga aerobik (seperti lari, jalan, renang) adalah 3-4 kali seminggu selama 20-60 menit. Untuk olahraga beban, sebaiknya dilakukan 10-15 repetisi tiap 10-15 latihan, dan dilakukan 2 kali seminggu. Ingatlah bahwa dengan hanya menambah 1,5 kilo otot, maka metabolisme tubuh pun akan meningkat sebanyak 7%. Ini berarti tubuh Anda akan mampu untuk membakar lemak lebih efisien seiring dengan bertambahnya jumlah otot. tersebut

  1. Untuk Meredakan Stress

Olahraga akan secara alami meningkatkan energi Anda dan akan menolong Anda untuk mengatur reaksi emosi. Hal ini terjadi karena ketika berolahraga tubuh secara alami mengeluarkan zat endorphin yang bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit, memberi rasa nyaman pada tubuh, mengurangi ketegangan, serta merasa lebih santai. Karenanya olahraga juga disarankan kepada penderita depresi mengingat olahraga sangat besar manfaatnya untuk meredakan stress.

  1. Untuk Mengatasi Masalah Menopause

Pada masa menopause, terjadi perubahan hormonal pada tubuh wanita (menurunnya hormon estrogen) dan hal tersebut akan mengakibatkan timbulnya masalah seperti rasa panas pada tubuh (hot flash), gangguan tidur (insomnia), rasa lelah, dan suasana hati yang berubah-ubah (mood swings). Untuk mengatasi ini, sangat disarankan untuk melakukan latihan olahraga secara teratur.

Olahraga mampu untuk meningkatkan jumlah hormon estrogen dalam aliran darah dan juga meningkatkan kadar endorphin, zat kimia yang memberi rasa nyaman dan mengurangi rasa sakit pada tubuh.

Demikianlah 4 alasan penyebab wanita mau berolahraga disamping ditilik dari sisi estetika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *