3 Tips Memilih Instrumen Kelistrikan yang Tepat untuk Industri

Penggunaan load bank dalam industri baik untuk industri menengah maupun besar merupakan kebutuhan. Seringkali generator set dibutuhkan karena perlunya supply tambahan atau sebagai cover supply jika terjadi pemadaman bergilir oleh PLN. Jika kamu merasa membutuhkan generator namun masih bingung memilih, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

  1. Sesuaikan Daya Generator dengan Kebutuhan

Hal pertama yang harus kamu perhatikan sebelum memilih generator sebagai solusi listrik untuk industri adalah memerhatikan besarnya daya yang dibutuhkan. Jika kamu memiliki banyak peralatan yang membutuhkan daya listrik yang besar, ada baiknya kamu menghitung total jumlah keseluruhan daya yang dibutuhkan.

Misalnya jika daya listrik yang dibutuhkan sebesar 12000 watt, kamu harus menyiapkan generator berdaya 10% di atas jumlah total daya tadi. Maka kamu bisa memilih generator berdaya 13200 watt agar memenuhi daya listrik yang dibutuhkan.

  1. Pilih Generator Sesuai Ketersediaan Ruang

Generator set memiliki dua tipe berbeda, yatu tipe open mode dan silent mode. Generator bertipe open cocok digunakan di lingkungan pergudangan atau pabrik. Namun kamu membutuhkan space cukup besar dalam ruangan karena generator bertipe open tidak memiliki penutup pada bagian atas mesin.

Sedangkan generator bertipe silent memiliki tutup pada bagian atas mesin dan tidak menimbulkan suara berisik saat dioperasikan. Biasanya generator bertipe ini ditempatkan di lingkungan yang ramai seperti perumahan. Keuntungannya, generator ini tidak memerlukan space yang besar karena dapat ditempatkan di luar ruangan.

  1. Pastikan Ketersediaan Spare Part dan Pengecekan Berkala

Hal selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah tersedianya spare part untuk load bank atau generator yang akan digunakan. Pilihlah generator yang spare part-nya tidak sulit diperoleh. Jika terjadi kerusakan, tersedianya spare part akan memudahkan perbaikan.

Selain itu, kamu juga bisa memilih tim engineer yang handal untuk melakukan pengecekan berkala pada generator. Ada beberapa perusahaan yang menyediakan jasa pengecekan generator seperti Sewatama.

Tak harus membeli, kamu bisa menyewa generator di Sewatama sebagai solusi listrik untuk industri. Sewatama menyediakan berbagai macam generator set dengan tim engineer yang handal untuk memasang dan melakukan pengecekan secara berkala selama pemakaian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *