3 Negara yang Berhasil Melakukan Reklamasi

Pro kontra reklamasi, tentunya sering kita dengar baik itu di berbagai perbincangan warung kopi maupun sering kita lihat di berbagai media. Perbedaan pendapat tersebut tentu saja saat ini sedang ramai, terlebih sekarang di jakarta sedang akan dibangunnya reklamasi . Perbedaan pandangan dari berbagai ahli tentu saja menjadi salah satu hal yang menjadi acuan untuk mendapatkan informasi tersebut secara bijak. Sebelum berbicara jauh mengenai manfaat dan kerugian dari reklamasi, tentunya kita harus mengenali dahulu apa itu reklamasi.

Reklamasi adalah pembuatan daratan baru dengan cara pengurugan lahan yang dikeringkan, untuk memperluas suatu wilayah. Misalnya seperti di Jakarta yang hendak melakukan perluasan dengan mengurugkan lahan di wilayah pantai untuk membuat sektor baru agar bisa di manfaatkan. Dalam menjalankan tersebut, tentu saja akan memiliki dampak yang baik tetapi juga terdapat efek yang negatif. Berhasil tidaknya dari reklamasi tersebut, tentunya tergantung dari pengembang serta kebijakan pemerintah yang nantinya akan berefek terhadap masyarakat.

Terjadinya kesalahan sedikit saja, tentunya menjadikan dampak yang akan sangat merugikan. Baik itu dari sisi sosial, sisi ekonomi, maupun berbagai sisi lainnya. Pentingnya mengkaji dan mempelajari untuk mendukung atau menolaknya reklamasi, tentunya harus disadari adalah salah satu peranan masyarakat untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

Pembangunan reklamasi tentunya tidak semudah seperti membalikkan tangan. Kendati demikian, jika kita melihat reklamasi dari beberapa negara yang berhasil melakukan hal tersebut. Tentunya kita akan menjadi sadar pula mengenai manfaat dari reklamasi yang dilakukan. Berikut beberapa negara yang melakukan reklamasi

  1. Dubai

Tentunya kita tau bagaimana keindahan Dubai. Meski kita tidak pernah datang kesana, tetapi masyarakat pada umumnya sudah mengetahui bahwa dubai adalah salah satu tempat wisata internasional. Reklamasi yang dilakukan dubai menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi berbagai kalangan.

  1. Hongkong

Kota Tung Chung di Hongkong setelah melakukan reklamasi menjadi salah satu tempat wisata favorit di Hongkong. Area tersebut menjadi salah satu magnet utama selain bandara internasionalnya. Saat ini juga menjadi salah satu pusat hiburan dan belanja yang populer.

  1. Korea

Masih ingat dengan lagu Psy yang berjudul gangnam style? Jika Anda memperhatikan lokasi video tersebut, tentunya Anda melihat bahwa tempat tersebut sangatlah asik dan menarik. Tempat lokasi tersebut adalah hasil dari reklamasi yang diberikan nama Song Do International Business District.

Dari 3 negara yang berhasil melakukan reklamasi, tentunya memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat internasional. Tentunya juga di jakarta, jika reklamasi berhasil dilakukan dengan baik dan benar tentunya area reklamasi tersebut bisa menjadi lebih berkembang dari saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *