3 Cara Merawat Bayi Kembar Berbeda Jenis Kelamin

Memiliki bayi adalah impian semua orang. Apalagi jika bayi tersebut ternyata kembar fraternal  dengan komposisi laki – laki dan perempuan. Kelucuan serta keunikan dari mereka akan membuat hari – hari lebih berwarna. Apalagi untuk orangtua yang baru memiliki anak. Momen merawat bayi kembar pasti menjadi sangat menyenangkan. Berikut adalah ulasan tentang 3 cara merawat bayi kembar berbeda jenis kelamin yang perli diketahui orangtua.

  • Pahami Kondisi Kesehatan yang Berbeda

Di awal kelahiran, banyak kasus bayi kembar yang lahir prematur karena berbagai alasan. Ada juga beberapa yang harus berada di NICU selama periode tertentu agar kondisinya bisa lebih sehat. Karena menjadi pejuang NICU dan memiliki rata – rata kelahiran prematur, maka perhatikan baik – baik kondisi kesehatan mereka yang berbeda dari bayi lain.

Misalnya saja dari tinggi dan berat badan. Jika bayi pada umumnya bisa memiliki berat sekitar 3 kg, bayi kembar membagi berat badan mereka sehingga rata – rata 2 kg. Ada juga yang memiliki berat 1,5 kg. Jadi, hal ini harus menjadi catatan tersendiri bagi orangtua maupun pengasuh dalam perawatannya. Cara merawat bayi kembar dari segi pemberian makanan harus memiliki kadar gizi tinggi untuk memastikan mereka tidak terkena malnutrisi.

  • Tetap Berikan ASI Eksklusif Sebisa Mungkin

Meskipun ASI harus dibagi dua, tetapi ibu harus mengusahakan untuk tetap bisa memberikannya secara eksklusif. Pada umumnya bayi laki – laki akan lebih kuat menyusu dibanding bayi perempuan. Hal ini sebaiknya disesuakan dengan jadwal pemberiannya. Apakah bersamaan atau ada jeda waktu berbeda. Yang perlu diperhatikan adalah makanan bergizi ibu menyusui.

Sebaiknya ibu menyusui yang memiliki bayi kembar laki – laki dan perempuan sangat selektif memilih makanan. Makanlah dengan jumlah porsi lebih besar dan memenuhi kebutuhan gizi. Seperti yang dijelaskan di atas, ada kemungkinan bayi kembar memiliki berat badan lahir yang rendah. Oleh karena itu, pemenuhan gizi harus dikejar agar tidak sampai mengganggu pertumbuhan.

  • Pahami Perbedaan Bayi

Ada berbagai perbedaan yang nanti akan terlihat di antara kedua bayi. Perbedaan tersebut dilihat dari tinggi dan berat badan. Tidak hanya itu, perilakunya pun juga berbeda karena tingkat kematangan heterogen. Oleh karena itu, jangan menuntut mereka mencapai suatu kebisaan yang sama. Perhatikan cara merawat bayi yang benar supaya si kembar bisa bertumbuh secara optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *