5 Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Traveling di Era New Normal



https://lh4.googleusercontent.com/Q57R8BU4KvGXnAVyVkwyBINl_rzaPOgUzD-X-paPcE24GFugRZS9z_lQFuGoYiOaNilPy1naJVhb1WRh62NhD3UvqXDt0XZuYiN5vKLMFLcKYA_eFCE-J_4wXNJQA65WPex93C3a

Tidak dapat dipungkiri bahwa masa normal baru yang diberlakukan pemerintah bisa menjadi angin segar bagi perekonomian dan banyak bisnis yang sempat jatuh lesu karena pandemi. Salah satunya bisnis travel dan hotel. Belakangan, sudah banyak pula online travel agent terkemuka yang gencar melakukan promosi tiket pesawat dan hotel untuk perjalanan di masa normal baru. Mulai dari diskon, flash sale, kredit online akomodasi traveling, dan masih banyak lagi. 

Namun, yang perlu diingat adalah masa normal baru bukan berarti virus atau pandeminya sudah hilang. Di Indonesia, setiap harinya angka pasien positif masih terus ada dan naik. Maka dari itulah, traveling atau melakukan perjalanan di masa normal baru belum bisa dilakukan “semaunya” seperti sebelum masa pandemi. Ada 5 hal yang perlu dipersiapkan dan dicek, yaitu: 

Pastikan wilayah yang akan dikunjungi adalah zona aman

Bagi kamu yang ingin traveling untuk tujuan liburan, bukan pekerjaan yang sifatnya wajib, kamu perlu mengecek wilayah yang ingin dikunjungi apakah termasuk zona aman covid atau tidak. Tidak bisa asal pilih destinasi. Dikutip dari situs covid19.go, pada bagian Peta Zonasi Risiko, terdapat 5 kategori risiko kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia, yaitu: risiko tingi, risiko sedang, risiko rendah, tidak ada kasus, dan tidak terdampak. Tentu saja, kamu harus menghindari wilayah yang berisiko. Sebagai contoh, pada situs covid19.go disebutkan bahwa Provinsi Gorontalo, Kota/Kabupaten Boalemo berstatus tidak ada kasus. Sementara Provinsi Bali, Kota/Kabupaten Gianyar merupakan salah satu wilayah yang berstatus risiko tinggi. 

Siapkan dokumen keberangkatan yang lengkap

Traveling di masa normal baru tidak cukup hanya dengan bermodal tiket pesawat, hotel, KTP, dan paspor. Saat ini, dokumen keterangan sehat bebas Covid-19 yang berdasarkan hasil rapid tes (dinyatakan non reaktif) atau PCR juga wajib disertakan saat ingin melakukan perjalanan dengan transportasi umum. Hal ini sesuai dengan peraturan atau surat edaran dari Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 7 Tahun 2020 dan juga Peraturan Menhub Nomor 41 Tahun 2020. 

Untuk mempermudah perjalanan penumpangnya, beberapa maskapai dan online travel agent juga menyediakan paket bundling pembelian tiket pesawat beserta fasilitas untuk melakukan rapid tes saat akan terbang. Mulai dari tiket.com, Citilink, hingga Lion Air. Layanan rapid tes juga tersedia di beberapa bandara seperti Soekarno-Hatta, Bandara Minangkabau, dan Yogyakarta. Harga rapid tes juga bervariasi dan berkisar mulai dari Rp100.000. 

Cek jadwal & harga tiket penerbangan yang tersedia menuju destinasi

Jauh berbeda dengan masa sebelum pandemi di mana jadwal penerbangan banyak & ramai tersedia. Di masa pandemi dan normal baru, jadwal penerbangan baik domestik maupun internasional sangat terbatas. Bahkan, banyak rute yang masih belum dibuka penerbangannya, terutama rute internasional. Belum ditambah dengan pembatalan jadwal penerbangan karena kuota yang belum terpenuhi dan berbagai alasan operasional lainnya. 

Maka dari itu, jika memang harus bepergian menggunakan pesawat terbang di masa normal baru, kamu perlu lebih rajin & cermat mengecek jadwal dan harga penerbangan sesuai destinasi tujuan. Selain itu, siapkan juga dokumen yang dibutuhkan seperti kartu identitas dan surat keterangan hasil rapid tes nonreaktif yang masih berlaku. Beberapa maskapai dan online travel agent akan mewajibkan calon penumpang untuk mengunggah dokumen tersebut saat pembelian tiket sesuai dengan peraturan Gugus Tugas nomor 7 Tahun 2020. 

Meski banyak promo, harga tiket di masa normal baru akan lebih tinggi dibanding sebelumnya. Salah satu solusi untuk mengatasi ini adalah dengan menggunakan fasilitas kredit yang tersedia di online travel agent. Bisa menggunakan kartu kredit ataupun kredit online seperti Kredivo bagi kamu yang tidak memiliki kartu kredit. Untuk kategori travel dan hotel, Kredivo telah bermitra dengan banyak online travel agent mulai dari Tiket.com, Pegipegi.com, Blibli Travel, Citilink, dan RedDoorz. Hanya dengan minimum transaksi Rp 1 juta, kamu bisa cicilan atau kredit online tiket pesawat, kereta, hotel, untuk akomodasi travel dengan opsi tenor 3, 6, atau 12 bulan. Suku bunganya hanya 2,6% per bulan tanpa uang muka!

Wajib membawa starter pack protokol kesehatan

Mulai dari waktu keberangkatan, berada di destinasi tujuan, hingga kembali pulang, protokol kesehatan Covid-19 adalah hal yang wajib dilakukan dan tidak bisa ditawar. Maka dari itu, perlu disiapkan starter pack pribadi seperti masker, face shield, tisu basah dan kering, sabun cair, dan hand sanitizer untuk digunakan saat dan sesudah beraktivitas. 

Patuh terhadap peraturan new normal di destinasi tujuan

Setiap wilayah memiliki peraturan dan protokol yang berbeda-beda, tergantung pada kategori zona. Termasuk tempat wisata. Saat ini, tempat wisata yang dibuka juga masih sangat terbatas mengingat kerumunan masih harus dihindari agar tidak terbentuk klaster penularan baru. Pastikan sebelum traveling kamu sudah mengetahui informasi protokol dan peraturan di destinasi tujuan. Ketika sampai, patuhi protokol dan peraturan tersebut demi kebaikan diri sendiri dan juga banyak orang. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post