5 Tempat Wisata Populer Di Sumatera Barat



Salah satu tujuan wisata yang sangat populer di Indonesia adalah tempat wisata yang ada di Sumatera Barat. Hal tersebut tidak terlepas dari potensi wisata Sumatera Barat yang bisa dibilang cukup lengkap. Dimana wilayah yang beribukota di Padang ini hampir memiliki semua jenis tempat wisata. Mulai dari adanya wisata alam yang beragam seperti laut, pantai, gunung, danau, dan ngarai. Selain itu juga masih adanya potensi wisata menarik lainnya seperti festival budaya yang mengangkat nilai nilai tradisional Sumatera Barat yang luhur.

Lalu tempat wisata di Sumatera Barat yang sedang populer saat ini apa saja? Berikut dibawah ini 5 tempat wisata populer di Sumatera Barat diantaranya yaitu : 

  • Jenjang Seribu

Jika China memiliki Tembok Raksasa China yang melegenda, maka Sumatera Barat juga tidak mau kalah dengan memiliki Jenjang Seribu yang berada di Kota Bukit Tinggi dan juga Kabupaten Agam. Jenjang Seribu memiliki panjang kurang lebih 1 Km, dimana perjalanan untuk menempuh tangganya itu akan semakin berkesan dengan panorama yang menakjubkan di sekitarnya. Di tempat wisata ini para wisatawan dapat menyaksikan keindahan Ngarai Sianok, Dinding Tebing, dan juga pemandangan sawah yang menghijau dengan udaranya yang segar.

  • Jam Gadang

Salah satu ikon pariwisata Sumatera Barat yang unik dank has adalah Jam Gadang. Jam Gadang memiliki nilai historis yang tinggi karena memang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Yang membuat jam gadang ini unik adalah karena memiliki bentuk angka yang tidak lazim. Dimana angka 4 yang biasanya itu ditulis dengan simbol IV tetapi di jam gadang ini justru ditulis IIII. Di tempat wisata ini kamu tidak hanya dapat menyaksikan keunikan jam gadang dan berfoto ria tetapi kamu juga bisa mampir ke Pasar Bukit Tinggi yang berada tidak jauh dari lokasi tersebut.

  • Jembatan Siti Nurbaya

Jembatan Siti Nurbaya yang dibangun diatas Muara Batang Arau ini menghubungkan kota tua Padang dengan lokasi Taman Siti Nurbaya yang merupakan tempat pemakaman Siti Nurbaya. Siti Nurbaya ini sendiri merupakan sosok wanita yang kisahnya itu sangat populer didalam dunia sastra Indonesia. Sore hari menjelang petang adalah waktu yang terbaik untuk mengunjungi Jembatan Siti Nurbaya, karena diwaktu tersebut dapat disaksikannya keindahan sunset yang mempesona.

  • Mifan Waterpark

Tempat wisata ini adalah taman permainan air yang paling lengkap dan paling besar di Sumatera Barat dengan berbagai wahana permainan seru yang pastinya akan memberikan pengalaman liburan yang menyenangkan. Mulai dari adanya Kiddy Pool, Giant Water Bucket Spills, Papan Luncur terbuka, Lazy River, Multi Racer Slide hingga adanya arena permainan flying fox, bumpler boat, dan juga permainan seru lainnya. Mifan Waterpark juga menyediakan fasilitas yang cukup lengkap seperti adanya arena billiard, tempat sauna, lapangan futsal, theater 4 dimensi, camping ground, dan juga cottage.

  • Imelda Waterpark

Memang Imelda Waterpark ini dirancang khusus sebagai kolam renang untuk anak anak dengan seluncuran favoritnya dengan ketinggian sekitar 25 meter. Di kolam renang ini juga disediakan seluncuran mini dengan ketinggian lebih rendah yaitu sekitar 15 meter sehingga anak anak dapat memilih seluncuran sesuai keberaniannya.

Selain itu masih ada tempat wisata populer di Sumatera Barat lainnya seperti Pemandian Air Batu Gadang yang memiliki 3 buah kolam yang berbeda beda kedalaman airnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *